Makassar (ANTARA) - Kabupaten Luwu Timur (Lutim) Sulawesi Selatan menerima penghargaan APBD Award 2023 sebagai Peringkat V Realisasi Pendapatan Tertinggi, Belanja Daerah Tertinggi, dan Peningkatan PAD tertinggi APBD Tahun 2022 dari Wakil Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Penyerahan Piagam Penghargaan tersebut dilakukan langsung oleh Dirjen Bina Bangda Kemendagri RI, Restuadry Daud  kepada Sekretaris Daerah Lutim H Bahri Suli mewakili Bupati, didampingi Sekretaris Bapenda Lutim dan Kabid Anggaran, yang berlangsung di Jakarta, Kamis.

Sekda Bahri Suli mengucap syukur karena Luwu Timur kembali meraih penghargaan dari Wamendagri yakni APBD Award 2023.

Ia menjelaskan penghargaan itu lebih spesial dan bergengsi karena merupakan daerah satu-satunya di Provinsi Sulawesi Selatan yang berhasil memperoleh penghargaan APBD Award 2023 ini.

Menurut Bahri Suli, keberhasilan Luwu Timur menerima Anugerah APBD Award 2023 Peringkat ke V karena merupakan satu-satunya Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang Realisasi Pendapatannya Tertinggi, Belanja Daerahnya Tertinggi, dan Peningkatan PAD nya juga tertinggi pada APBD Tahun 2022 yakni 96,96 persen, Kategori Kabupaten.

“Alhamdulillah, semoga tahun depan prestasi ini bisa lebih ditingkatkan lagi, kalau bisa kita mencapai angka 100 persen,” katanya.

Sementara itu, Wakil Mendagri RI John Wempi Wetipo dalam sambutannya mengatakan kepala daerah yang diundang untuk mendapatkan award ini yang berhasil melakukan beberapa hal.

Pertama, kata dia, yakni daerah yang paling tinggi terhadap realisasi penyerapan anggaran. Kedua /percepatan administrasi dan laporan pertanggungjawaban kegiatan.

Ketiga melakukan penyederhanaan bentuk kontrak dan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dengan tetap mempedomani peraturan perundang-undangan.

Serta keempat mampu mendorong peran aktif dalam melakukan review terhadap dokumen perencanaan dan keuangan, dan yang terakhir meminta pendampingan atau asistensi APH dan KPK.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024