Makassar (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan siap mengadopsi konsep Playworld yang dikembangkan di Australia dalam membangun karakter anak sejak dini.

Ketua PKK Sulsel Naoemi Octarina dalam keterangan yang diterima di Makassar, Sabtu, mengatakan konsep tersebut merupakan model pengajaran membangun karakter anak sejak dini yang berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Math).

"Metode STEM adalah untuk membangun kemampuan berkreasi, berpikir, memecahkan masalah, inovatif, inventor, pada anak-anak usia dini," ujarnya.

"Playworld diawali dengan suatu cerita. Kemudian orangtua/pendidik dan anak-anak masuk ke dalam dunia imajiner mereka. Mereka bermain bersama, memecahkan masalah bersama, dan belajar konsep dalam bidang science, technology, engineering, and mathematics (STEM)," sambungnya.

TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, kata dia, akan menerapkan konsep Playworld dengan menyesuaikan kondisi dan kearifan lokal setempat.

Para guru PAUD perwakilan dari kabupaten kota akan diberikan pelatihan ataupun workshop mengenai konsep tersebut, yang akan langsung diberikan oleh narasumber dari Monash University.

Tim PKK Sulsel dalam kunjungannya ke Australia menyempatkan diri mengikuti beberapa workshop yakni Workshop Character Based Education and Overview of Childcare in Australia, yang berlangsung di Monash University Cauldfield dan Workshop Playworld Concept.

Workshop yang digelar di kampus ternama di Australia itu,, kata Naoemi, untuk memberikan pemahaman tentang konsep penguatan keluarga. Terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), termasuk pendidikan karakter dan inquiry based.

"Workshop dirancang dengan kombinasi kegiatan in class delivery dan kunjungan ke fasilitas pendukung kesejahteraan keluarga, terutama pendidikan anak usia dini," imbuhnya.

"Workshop juga membahas konsep parenting, bagaimana pendidikan karakter bagi anak. Pendidikan karakter dimulai dari pengasuhan dan stimulasi yang diberikan orangtua," lanjut dia.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PKK Sulsel adopsi konsep "Playworld" Australia bentuk karakter anak

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024