Makassar (ANTARA) - Tim seleksi (Timsel) mengumumkan masa pendaftaran calon anggota KPU Kabupaten Takalar dan Kepulauan Selayar untuk periode 2023-2028 pada 19-30 Maret 2023.
 
"Bagi masyarakat yang ingin mendaftar menjadi penyelenggara kami membuka pendaftaran. Untuk proses pendaftaran bisa diakses melalui laman siakba.kpu.go.id," ujar Ketua Timsel Sulsel III Labusab di Makassar, Senin. 

Mengenai persyaratan pendaftaran dapat diunduh di Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA), namun pada intinya memiliki integritas, pengetahuan luas tentang kepemiluan dan penyelenggaraan Pemilu dan tentu sehat jasmani. 

Sedangkan bagi masyarakat berstatus Aparatur Negeri Sipil (ASN), pegawai BUMN maupun BUMD yang akan mendaftarkan diri, diwajibkan melampirkan surat izin dari atasannya serta bersedia cuti selama menjadi penyelenggara Pemilu 2024. 

Untuk batasan usia bagi pendaftar minimal 30 tahun berijazah minimal SMA atau sederajat, bukan pengurus Parpol dan tidak pernah dihukum penjara lima tahun atau lebih. 

"Tentu kami melaksanakan seleksi secara transparan dan terbuka bagi seluruh calon. Kami juga meminta dukungan media dan masyarakat ikut berkontribusi dengan memberikan masukan, tanggapan bagi para calon anggota KPU," papar pria disapa  Ocha tersebut. 

Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) ini menegaskan seluruh Timsel yang ada saat ini menjunjung tinggi kejujuran serta integritas dan apabila ada kekeliruan segera disampaikan untuk dilakukan perbaikan. 

"Seleksi kita laksanakan sesuai aturan. Kami siap menerima saran, masukan maupun koreksi apabila ada kekeliruan. Kami berharap seleksi anggota KPU ini melahirkan penyelenggara berintegritas, jujur serta kapabel di bidangnya," tambah mantan Presiden BEM UNM Makassar itu menekankan. 

Untuk sekretariat Timsel KPU Takalar-Selayar di Hotel Grand Maleo, Jalan Pelita Raya Makassar.

Ketua Timsel Sulsel III Labusab, Sekretaris Darmawansyah, dan anggota Dudi Jufri, Rahmiwati Agustini, dan Zulfinas Indra.

Tahapan seleksi calon anggota KPU Takalar dan Selayar di mulai masa pengumuman pendaftaran 19 Maret-25 Maret 2023. Pendaftaran 19 Maret - 30 Maret. Penelitian Administrasi 19 Maret - 6 April. Perpanjangan pendaftaran 31 Maret - 5 April.  Dan penetapan hasil penelitian administrasi 7 April 2023

Selanjutnya, pengumuman hasil penelitian administrasi 8 April - 10 April.  Seleksi tertulis dan tes psikologi 11 April - 17 April Penetapan hasil seleksi tertulis dan tes psikologi 18 April -19 April. Dan pengumuman hasil seleksi tertulis dan tes psikologi 20 April - 21 April 2023.

Untuk tahapan masukan dan tanggapan masyarakat dibuka mulai 20 April - 30 April 2023. Tes kesehatan 27 April - 29 April. Tes wawancara 30 April - 2 Mei. Penetapan hasil tes kesehatan dan wawancara 3 Mei - 4 Mei 2023.

Pengumuman hasil seleksi anggota KPU Provinsi dan KPU kabupaten kota 5 Mei - 6 Mei serta penyampaian nama calon anggota KPU provinsi dan kabupaten kota 5 Mei - 7 Mei 2023.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024