Makassar (ANTARA) - Ketua DPD II Partai Golkar Sinjai Andi Kartini Ottong menginstruksikan jajarannya di Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Sinjai agar mengawal Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di setiap kecamatan yang saat ini sudah mulai dilaksanakan.

"Ini perlu dikawal karena musrenbang menyangkut hajat hidup masyarakat," kata Andi Kartini menanggapi pelaksanaan Musrenbang di Kabupaten Sinjai, Selasa.

Ia mengatakan  Musrenbang menyangkut hajat hidup orang banyak dan hal itu merupakan wadah musyawarah antarpemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas.

Program prioritas tersebut  tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan.

Oleh karena itu, kepada seluruh anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Sinjai wajib hadir di setiap Musrenbang Kecamatan.

Para anggota fraksi harus mengawal hingga tuntas  setiap program pembangunan yang telah diusulkan masyarakat.

"Jadi mulai awal pengusulan program hingga pencapaian realisasi di lapangan harus dikawal penuh agar tempat sasaran dan efisiensi di dalam pencapaian program," katanya.

Selain secara umum harus memperhatikan masukan dari masyarakat, juga diharapkan dapat mengakomodasi usulan dan menjadikan sebagai rujukan pelaksanaan kegiatan di lapangan.

Satu hal yang juga perlu diakomodasi dalam Musrenbang adalah keterlibatan anak, perempuan dan kelompok rentan untuk pemenuhan kebutuhan dan hak mereka, sehingga program pemerintah yang tertuang kelak juga memperhatikan aksesibilitas dan pemenuhan hak anak, perempuan dan kelompok rentan. 
  Ketua DPD II Partai Golkar Sinjai, Andi Kartini Ottong pada kegiatan pertemuan dengan kader Partai Golkar di Sinjai, Sulsel. Antara / Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024