Jakarta (ANTARA) - Pembalap KTM Red Bull Jack Miller mencetak rekor baru di sesi latihan MotoGP Portugal, sedangkan pembalap Pol Espargaro dari tim GasGas Factory Racing Tech3 mengalami kecelakaan serius ( crash ) dan dilarikan ke rumah sakit.

Dikutip dari AFP, Sabtu, Miller mencatatkan waktu terbaik 1 menit 37,709 detik untuk KTM, mencetak rekor lap baru di Sirkuit Internasional Algarve Portimao. Di sisi lain, Espargaro harus absen pada putaran perdana MotoGP 2023 setelah didiagnosis mengalami trauma tulang belakang yang parah.

Selanjutnya, Maverick Vinales (Aprilia Racing) dan juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) mengisi posisi tiga besar sesi tersebut.

Namun, kecelakaan dalam kecepatan tinggi yang dialami pebalap berusia 31 tahun itu dengan motor KTM Tech3 GasGas menyebabkan jeda panjang pada sesi yang berakhir sekitar dua jam kemudian.

Pembalap Spanyol, yang pindah ke tim barunya setelah dua musim yang mengecewakan di Honda, kehilangan kendali atas mesinnya pada tikungan ke-10 di sesi kedua dan terlempar keluar lintasan.

Espargaro, yang terguling ke tembok, diberi pertolongan pertama di tepi lintasan selama sekitar setengah jam sebelum diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter ke Faro untuk perawatan cedera punggung dan leher.

"Dia menderita trauma punggung dan dada," demikian pernyataan promotor kejuaraan Dorna.

Direktur Medis MotoGP Angel Charte mengatakan pebalap veteran itu menderita trauma tulang belakang yang parah dan paru-paru yang memar.

"Meskipun saya pikir dia akan pulih dengan baik, kami perlu melakukan tes yang sesuai untuk menentukan sejauh mana cederanya," kata Charte.

"Dia sadar, waspada, dan merespon dengan baik. Dia sedikit terbius karena obat penghilang rasa sakit yang kami berikan. Dia bisa menggerakkan kaki dan lengannya dengan sangat baik, jadi tidak ada alasan untuk takut cedera tulang belakang permanen," tambahnya.

Berita ini juga ditayangkan di Antaranews . com dengan judul: " parah

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024