Mamuju (ANTARA) - Bupati Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ) Andi Ibrahim Masdar mengajak pemerintah di desa untuk mengoptimalkan peluang usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam upaya mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya mengajak kepala desa untuk memanfaatkan peluang usaha dalam mengoptimalkan peran BUMDes untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Andi Ibrahim Masdar , pada sosialisasi mekanisme jalur pelayaran Tanjung Silopo –Surabaya , di Mandar Kantor Bupati Polewali, Selasa.

Ia meminta para kepala desa bersama masyarakat di kabupatennya, menyikapi potensi komoditas wilayah kerja masing-masing untuk menyambut peluang menuju kemajuan ekonomi.

Sementara itu, dalam sosialisasi terkait pemanfaatan Pelabuhan Kelas II Tanjung Silopo Polewali Mandar sebagai jalur angkutan laut untuk penumpang maupun logistik bongkar muat, pelaku usaha, kepala perlengkapan kerja, pemerintah desa, kecamatan dan Perhimpunan Hadir pula Pengusaha Wanita Indonesia (Iwapi).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh delegasi dari Tim Percepatan Logistik Sulbar, manajemen PT Tanto Inti Line Surabaya dan Perseroda Sulbar. “Jika ada pengiriman barang dari Surabaya Jawa Timur ke Pelabuhan Tanjung Silopo Polewali Mandar, PT Tanto Inti Line Surabaya sudah menyiapkan gudang atau tempat yang tentunya lebih hemat biaya,” jelas Andi Ibrahim.

Pertemuan dengan seluruh pelaku usaha atau UMKM yang melibatkan pengusaha besar dan peralatan kerja terkait, termasuk menghadirkan perangkat desa besar Bupati, mendapat dukungan dari PT Tanto Inti Line Surabaya.

Sementara itu, Ketua Tim Percepatan Logistik Sulbar, Khaeruddin Anas mengatakan, Polewali Mandar memiliki potensi ekonomi yang sangat besar karena pergerakan barang di Sulbar cukup tinggi.

“Kerjasama antara pemerintah daerah, pelaku usaha dan PT Tanto Inti LineSurabaya bisa memangkas biaya transportasi sehingga para pelaku bisnis bisa bergairah. Kami juga akan memfasilitasi pertemuan para pelaku bisnis agar market space lebih luas,” jelas Khaeruddin Anas .

Sementara itu, Paulus Tanto dari PT Tanto Inti Line Surabaya mengatakan, prinsipnya pihaknya akan membantu pertumbuhan ekonomi di Polewali Mandar.

“Kami membantu pertumbuhan ekonomi di Polewali Mandar dan membantu ekspor produk-produk berkualitas dari daerah ini untuk diekspor ke berbagai negara,” kata Paulus Tanto .

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024