Makassar (ANTARA Sulsel) - Universitas Negeri Makassar meluncurkan mesin pendeteksi plagiat karya tulis untuk mengantisipasi aksi plagiat yang dilakukan oknum mahasiswa.

"Peluncuran alat ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Program Pascasarjana UNM ke-16 pada 30 Mei 2013," kata Ketua Panitia HUT Pps UNM Prof Dr Abdullah Sinring di Makassar, Minggu.

Menurut dia, selain peluncuran alat pendeteksi plagiat yang diluncurkan, juga jurnal ilmiah "Dialektika Kontemporer" yang diterbitkan S3 Sosiologi PPs-UNM.

Sementara kegiatan lainnya dalam menyambut HUT Pps, lanjut dia, civitas akademika akan menggelar 13 mata lomba.

 Adapun 13 mata lomba yang terbuka untuk civitas akademika diantaranya lari memindahkan belut, terompah, futzal, joget bola, domino, sepeda lambat, tenis meja, tusuk botol, tarik tambang, lari balok, tenis eksekutif.

"Tujuan utama perlombaan itu adalah dilaksanakan tujuan untuk, meningkatkan persaudaraan, saling kenal mengenal sesama mahasiswa dan civitas akademika lainnya," katanya.

Sementara itu, pembukaan porseni akan dibuka langsung Rektor UNM Prof Dr Arismunandar pada Senin, 27 Mei 2013. Perlombaan digelar di kampus akademika.

Khusus puncak ulang tahun, dilaksanakan pada 2 Juni 2013 sekaligus ramah tamah dan pameran potensi program studi dan kuliner.Nurul Hayat

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024