Mamuju (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menyiapkan anggaran sebesar Rp700 juta pada APBD 2013 untuk pengadaan bibit kambing untuk para peternak di empat kabupaten.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulbar Muhammad Abduh di Mamuju, Kamis, mengatakan bibit kambing itu akan disebar kepada para peternak kambing di Kabupaten Mamuju sebanyak delapan kelompok.

Kemudian di Kabupaten Majene enam kelompok, Kabupaten Polewali Mandar enam kelompok, dan Kabupaten Mamuju Utara tujuh kelompok.

Menurut dia bantuan itu diberikan dalam rangka memaksimalkan produksi ternak kambing dalam rangka mewujudkan tekad Sulbar menjadi daerah swasembada daging.

Ia mengatakan ternak kambing sangat menjanjikan di Sulbar karena iklim dan cuaca yang mendukung pengembangannnya khususnya di wilayah pesisir.

Ternak kambing cocok dikembangkan di Sulbar karena didukung kondisi alam yang banyak menyediakan pakan untuk kambing.

"Kambing dari Sulbar dipasarkan ke sejumlah daerah di Indonesia seperti Kalimantan yang permintaan masyarakat di sana semakin tinggi," katanya.

Ia mengatakan usaha pengembangan kambing akan mempercepat upaya mensejahterakan rakyat karena harga kambing di pasaran juga cukup menguntungkan.  Rolex Malaha

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024