Makassar (ANTARA) - Unit Pelaksana Layanan Pelanggan (UP3) PT PLN Persero Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar acara kuliner bertajuk Ramadhan Electric Food Fest  untuk menggairahkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ramadhan Electric Food Fest yang digelar pada 6 - 8 April 2023 menghadirkan 23 UMKM kuliner yang menawarkan ragam makanan dan minuman, serta menampilkan kendaraan listrik mulai dari mobil listrik, skuter hingga go-kart.

“Melalui acara kuliner ini, PLN berkomitmen untuk terus mendukung UMKM sekaligus memperkenalkan penggunaan kompor induksi untuk kebutuhan sehari-hari di masyarakat,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin pada penutupan Ramadan Electric Food Fest di Makassar, Sabtu.

Menurutnya, pada momen Ramadhan 1444 Hini, PLN tidak hanya memastikan kehandalan listrik tetapi juga mendukung masyarakat untuk mandiri secara ekonomi sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang juga dikenal dengan konsep Sustainable Development Goals (SDGs). ) .

Oleh karena itu, sesuai dengan temanya, seluruh UMKM yang ikut serta memasak makanan dan minumannya menggunakan kompor induksi sebagai bentuk sosialisasi kepada UMKM dan pengunjung.

“Kami optimis kegiatan seperti ini dapat memajukan dan meningkatkan kapasitas UMKM,” kata Andy.

Kemeriahan kegiatan kuliner ini juga dirasakan sebagai berkah bagi para pelaku UMKM. Ayi, pemilik Kuliner Nasi Kebuli mengaku senang diajak dan berjualan makanan.

“Kami sangat senang diundang mengisi lapak. Masyarakat sangat antusias mengikuti acara kuliner tersebut, semoga menjadi berkah bagi kami,” ujar Ayi.

Hal senada disampaikan Slamet Hidayat selaku pemilik Kuliner Dapoer Mbafik. Ia mengaku produknya laris manis di ajang tersebut. Jika biasanya omzet yang didapat per hari hanya berkisar Rp450 ribu, di event ini omzet meningkat menjadi Rp1,2 juta per hari.

“Terima kasih PLN, ini berkah Ramadhan. Saya sangat senang semua penjualan saya terjual di acara ini, semoga acara seperti ini bisa lebih sering diadakan karena sangat bermanfaat bagi kami para UMKM,” ujar Slamet.

Tercatat total 1.300 pengunjung pada acara ini. Tak hanya itu, PLN juga mensosialisasikan aplikasi PLN Mobile serta promo power up, bahkan PLN Iconplus juga memberikan akses internet gratis selama acara berlangsung.

Eva, salah satu pengunjung mengaku senang bisa mengikuti acara tersebut. “Acaranya ramai dan ini pengalaman baru bagi saya, ternyata semua UMKM menggunakan alat serba elektrik,” kata Eva.
  General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin pada penutupan Ramadhan Electric Food Fest di Makassar, Sabtu (8/4/2023). Foto ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Berita ini juga pernah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN UP3 Makassar Gelar Ramadhan Electric Food Fest Bangkitkan UMKM

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024