Makassar (ANTARA) - Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Pemkot Ternate melakukan kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Rektor UMI Prof Dr H Basri Modding SE MSi dalam keterangannya di Makassar, Selasa, mengatakan kerja sama tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pengelolaan potensi sumber daya yang dimiliki kedua pihak dan mengembangkan jejaring kemitraan, alumni dan pemangku kepentingan.

"Untuk maju ke depan kita harus bersinergi dalam membangun bangsa upaya melahirkan SDM yang berkualitas,"ujarnya.

Ia menjelaskan, penandatanganan kerjasama ini bukan hal baru kedua Lembaga, karena UMI dengan pemerintah Kota Ternate adalah satu keluarga besar.

Dirinya berharap UMI dan Pemkot Ternate bergandengan dan bersinergi dalam bidang tri dharma perguruan tinggi. Implementasi kerjasama kedua Lembaga paling lambat tiga bulan ke depan sudah harus ada kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk sinergi dan saling menguatkan.

“Kunjungan kami ke Ternate adalah silaturahmi. UMI dan Pemerintah Kota Ternate telah menjadi keluarga besar. UMI memiliki desa binaan di Ternate. Walikota Tauhid Soleman juga alumni UMI," katanya

Prof Basri Modding pada kesempatan tersebut, juga memperkenalkan UMI sebagai PTS pertama di Luar Pulau Jawa terakreditasi Unggul. UMI memiliki visi bagaimana menghasilkan manusia yang berilmu amaliah, berwawasan ilmiah dan berakhlakul karimah serta berdaya saing tinggi.

“Organisasi yang unggul adalah yang mampu mengakses informasi, karena itu implementasi kedua pihak saling mendukung untuk mensinergikan program bersama bersama program inovasi," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Ternate Tauhid Soleman, mengatakan UMI sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk bersinergi berbagai program khususnya penguatan sumber daya manusia sebagai kekuatan dan potensi besar dimiliki daerah ini.

Lebih lanjut dikatakannya, Ternate meskipun tidak memiliki sumber daya alam dibanding dengan daerah lain, namun kami memiliki sumber daya manusia yang potensi membentuk posisi nilai tawar untuk mendorong menjadi SDM unggul dibanding daerah lain.

"Karena itu silaturrahmi dan kerja sama bersama UMI dapat memberikan dukungan untuk mewujudkan SDM yang berkualitas untuk kemajuan daerah," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Basri Modding didampingi Wakil Rektor I Dr H Hanafi Ashad, MT AseanEng, Wakil Rektor II Prof Dr H Salim Basalamah dan Wakil Rektor V, Prof Dr H Muh. Hattah Fattah, MSi Kepala Humas UMI, Dr Hj Nurjannah Abna, MPd.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024