Makassar (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel siapkan mudik gratis bagi mahasiswa dengan kuota sekitar 800 mahasiswa jelang Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Dishub Sulsel Muhammad Arafah di Makassar, Kamis mengatakan, alasan pihaknya menyasar mahasiswa guna mengatasi kemacetan dan mencegah kecelakaan saat musim mudik lebaran.

“Tujuan dari free commuting ini agar mereka (pelajar) tidak menggunakan kendaraannya dan meminimalisir kecelakaan,” ujarnya.

Menurut Arafah, komuter gratis sudah ditawarkan oleh banyak perusahaan, seperti Pelindo dan Jasa Raharja. Sambil mempersiapkan mudik gratis Dishub Sulsel, jadwal pun disiapkan hingga titik kumpul mahasiswa.

“Mudik harus dipersiapkan dengan baik dan yang harus disiapkan adalah infrastruktur jalan,” ujarnya.

Informasi dari BPJN (Pusat Pelaksanaan Jalan Nasional), kata Arafah, beberapa ruas jalan di Sulsel saat ini sedang digegas menjelang H-7 Lebaran, pengerjaannya sudah selesai.

Selain itu, terdapat beberapa permasalahan arus lalu lintas yang menjadi perhatian Dishub Sulsel seperti arus lalu lintas yang mudik melalui jalur darat yaitu kemacetan di wilayah Kabupaten Maros yang melewati jalur Camba .

“Pembukaan dan penutupan Camba sudah kita lakukan. Hanya saja kita masih melakukan simulasi karena ternyata ada yang dekat dari lapangan, kalau antrean kendaraan ditutup itu tidak biasa. Sobat kita buka dan tutup setiap tiga jam sekali sesuai dengan kondisinya,” ujarnya.

Untuk mengatur arus lalu lintas yang mudik di kawasan Camba, Dishub Sulsel menyiagakan 36 personel dan meminta Dishub di setiap kecamatan menyiapkan posko dan personel di setiap perbatasan dan di tengah kota.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024