Jakarta (ANTARA) - Manchester United akan menantang Manchester City di final Piala FA setelah menyingkirkan Brighton and Hove Albion di babak semifinal di Stadion Wembley, London, Minggu waktu setempat.

Dalam pertandingan tersebut, Manchester United bermain imbang 0-0 melawan Brighton selama 120 menit dan memastikan lolos ke final setelah memenangkan adu penalti, menurut Piala FA.

Kepastian MU lolos ke final terjadi setelah penendang ke-7 Brighton Solly March gagal membobol gawang David De Gea sehingga The Red Devils menang dengan skor 7-6.

Secara keseluruhan, Brighton justru mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 61 persen penguasaan bola dan melepaskan 15 tendangan, lima di antaranya tepat sasaran.

Brighton memiliki peluang pertama lewat tendangan bebas yang dilepaskan Alexis Mac Allister, namun bola masih mampu dihalau David De Gea.

Kemudian giliran Bruno Fernandes yang memberikan ancaman lewat sepakan Bruno Fernandes yang masih bisa ditepis kiper Brighton, Roberto Sanchez.

Brighton kembali mengancam, kali ini lewat sepakan Julio Enciso, namun De Gea kembali melakukan penyelamatan dengan membelokkan sepakan pemain Paraguay itu.

Skuad asuhan Roberto De Zerbi terus menyerang lini pertahanan Manchester United, kali ini melalui sundulan Danny Welbeck yang masih terdefleksi dari gawang De Gea.

Selama 90 menit pertandingan, skor tetap imbang 0-0 hingga pertandingan harus diperpanjang ke perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu, Brighton kembali memiliki peluang lewat pergerakan Solly March yang kemudian melepaskan sepakan, namun bola justru masuk ke pelukan De Gea.

Selama tiga puluh menit perpanjangan waktu, kedua tim tidak mampu mencetak gol kemenangan sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Dalam adu penalti, enam penendang pertama dari Brighton mampu melakukan tugasnya dengan baik, begitu pula penendang dari Manchester United.

Penendang ke-7 Brigton March gagal melakukan tugasnya dengan baik setelah tendangan penaltinya melambung di atas mistar gawang De Gea.

Manchester United memastikan lolos ke final setelah penendang ke-7 mereka Victor Lindelof mencetak gol dari Roberto Sanchez sehingga tim asuhan Erik Ten Hag memenangkan adu penalti dengan skor 7-6.

Selanjutnya, Manchester United akan menghadapi Manchester City di final Piala FA di Stadion Wembley, London, Sabtu (3/6) mendatang.

Berita ini juga pernah tayang di Antaranews . com dengan judul:

Pewarta : Aldi Sultan
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024