Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu Timur, Sulawesi Selatan, H Budiman, menerima bantuan natura penataan jembatan sungai Malili sekaligus meluncurkan E-Money peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 kabupaten itu pada Rabu.

Bupati Budiman juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada Tim Penyusun Dokumen Geopark Matano sekaligus penandatanganan Prasasti Pembangunan Geopark Luwu Timur disaksikan oleh Ketua DPRD, Wakil Ketua l dan ll DPRD kabupaten itu serta Sekda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam sambutannya Bupati Budiman berterima kasih kepada para tokoh pemekaran Luwu Timur yang telah mewujudkan mimpi masyarakat untuk lebih maju dan sejahtera.

“Juga kepada seluruh warga masyarakat yang telah bersama-sama menjaga kenyamanan, keamanan, dan ketertiban. Oleh karena itu mari kita saling berangkulan, merapatkan barisan demi menyongsong masa depan Luwu Timur yang berkelanjutan dan lebih maju,” ajak Bupati.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur telah menetapkan enam tujuan, 11 sasaran, 23 indikator, dan 15 program prioritas yang terangkum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Luwu Timur Tahun 2021-2026.

“Alhamdulillah, program bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu telah terealisasi sebanyak 635 beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu dan 5.637 mahasiswa berprestasi, serta 24 orang penerima bantuan penyelesaian studi jenjang S2/S3 dengan total realisasi anggaran mencapai Rp24,8 miliar lebih,” katanya.

Demikian juga untuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Rp1 miliar untuk 1 desa telah mendorong berkembangnya kemandirian desa, hingga tahun ini di Kabupaten Luwu Timur tidak lagi memiliki desa dengan kategori tertinggal.

“Untuk jaminan kesehatan masyarakat, pemerintah daerah terus berkomitmen bersama BPJS Kesehatan melalui program Universal Health Coverage (UHC) dengan jumlah kepesertaan 125.720 Jiwa dengan total realisasi anggaran sebesar Rp106 miliar lebih,” sebutnya.

Sementara dalam penyelenggaraan pemerintahan, kata dia, telah tercermin dari beberapa penghargaan yang diterima dalam bentuk prestasi, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024