Jakarta (ANTARA) - Drama lima gol mewarnai kemenangan timnas U22 Indonesia atas Vietnam dengan skor 3-2 pada babak semifinal sepak bola putra SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu.

Berkat hasil tersebut, Indonesia melaju ke final SEA Games 2023 untuk memperebutkan medali emas melawan pemenang laga semifinal antara Thailand atau Myanmar.

Skuad Garuda Nusantara mengamankan kemenangan berkat gol Komang Teguh Trisnanda, Muhammad Ferrari dan Muhammad Taufany Muslihuddin, sedangkan Vietnam sempat membalas lewat Nguyen Van Tung dan gol bunuh diri Bagas Kaffa.

Indonesia berinisiatif menyerang lebih dulu di babak pertama dan berhasil unggul di menit ke-9 melalui sundulan Komang Teguh Trisnanda memanfaatkan lemparan ke Pratama Arhan sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Skuad asuhan Indra Sjafrie kembali memberikan ancaman lewat upaya Ramadhan Sananta, namun sepakan pemain PSM Makassar itu berhasil diselamatkan kiper Quan Van Chuan.

Selanjutnya, Vietnam mampu menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-36 melalui sundulan Nguyen Van Tung usai menerima umpan Nguyen Duc Phu.

Mampu menyamakan kedudukan, Vietnam menerapkan permainan agresif untuk mencoba kembali memimpin, namun hingga akhir babak pertama, skor tetap 1-1 untuk kedua tim.

Di babak kedua, Indonesia mampu kembali unggul di menit ke-53 setelah sepakan Marcelino Ferdinand dari luar kotak penalti membentur kaki Muhammad Ferrari dan masuk ke gawang Vietnam sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Sejak menit ke-60, Indonesia harus bermain dengan 10 orang karena Pratama Arhan diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran keras terhadap Nguyen Duc Phu.

Unggul dalam jumlah pemain, Vietnam terus menyerang lini pertahanan Indonesia, namun tak ada peluang matang yang dihasilkan.

Skuad asuhan Philippe Troussier berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-78 lewat gol bunuh diri Bagas Kaffa setelah gagal mengantisipasi dengan baik umpan silang Vietnam ke kotak penalti Indonesia. Skor kembali sama kuat 2-2.

Vietnam nyaris kembali unggul, namun sepakan Nguyen Van Truong masih mendarat tepat di pelukan kiper Indonesia Ernando Ari Sutaryadi.

Skuad Golden Star kembali mengancam, kali ini melalui sundulan Van Tung, namun Ernando Ari mampu membelokkan bola.

Indonesia memastikan kemenangan pada pertandingan ini setelah kembali unggul pada menit ke-90+6 melalui tendangan jarak jauh yang dicetak oleh Muhammad Taufany Muslihuddin sehingga skor berubah menjadi 3-2. Skor bertahan hingga akhir pertandingan.
 
Berita ini juga pernah tayang di Antaranews . com dengan judul: Drama lima gol mewarnai kemenangan Indonesia atas Vietnam

Pewarta : Aldi Sultan
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024