Makassar (ANTARA) - Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sulawesi Selatan menguji kemampuan setiap atlet sebelum tampil di kejurnas pada ajang Piala Kapolda Sulsel di Makassar, 11-15 Juli 2023.

Pelatih Judo Sulsel Karya Djusaib di Makassar, Rabu, mengatakan kejuaraan Piala Kapolda Sulsel 2023 ini mempertandingkan tiga kategori yakni kategori Kadet, Junior dan Senior.

"Khusus untuk senior, tentunya kita maksimalkan sebagai ajang ujicoba sebelum turun di Kejurnas dan Piala Kasad 2023," ujarnya.

Ia menjelaskan, para atlet yang selama ini terus dipersiapkan turun di kejurnas 2023 tentu diharapkan bisa memaksimalkan ajang ini sebagai uji tanding. Mereka akan tampil mewakili perguruan atau daerah masing-masing.

Selain uji kemampuan, kata dia, Piala Kapolda Sulsel juga menyediakan poin atau masuk hitungan sebagai syarat lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Sumatera Utara-Aceh.

"Ajang Kapolda Cup 2023 ini juga punya poin (meski tidak sebesar kejurnas) sehingga menjadi kesempatan bagi atlet untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya agar bisa lolos PON 2024,"ujarnya.

Sementara untuk kategori junior, para atlet muda Sulsel juga akan menjadikan ajang tersebut sebagai pemanasan sebelum berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023.

"Event ini adalah sebagai ajang talenscouting, evaluasi pembinaan atlet judo Sulsel.Kita minta seluruh perguruan dan daerah menurunkan atlet terbaiknya," kata dia.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024