Makassar (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan Leonard Eben Ezer Simanjuntak menekankan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun menjadi momentum untuk memaknai upaya membangun semangat kebangsaan serta kebangkitan dalam pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19. 

"Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi COVID-19. Selama tiga tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama. Barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus memulihkan perekonomian bangsa," ujarnya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke- 115 tahun 2023 di halaman kantor Kejati Sulsel di Makassar, Senin. 

Leonard mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31 persen (yoy), jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,7 persen (yoy) dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.
 
Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% (yoy), dan menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01 persen (yoy).
 
“Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara, entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20," ujarnya. 

Ia juga mengatakan kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan posisi ketua dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 yang lalu.

Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pascapandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. 

Dengan mengusung tema tersebut, Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023 ini mengambil tema "Semangat Untuk Bangkit" yang diikuti para asisten, Kabag TU, para koordinator, para Kepala Seksi dan seluruh pegawai lingkup Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024