Makassar (ANTARA) - Sebanyak 60 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari berbagai daerah di Indonesia mengunjungi dan menikmati keindahan salah satu destinasi wisata andalan Sulsel yakni Rammang-rammang di Kabupaten Maros.

Kunjungan puluhan kepala OPD itu tepat dua hari setelah sidang Dewan Eksekutif UNESCO di Kota Paris yang menetapkan Geopark Maros Pangkep menjadi Global Geopark UNESCO, yang mana Rammang-rammang merupakan salah satu site di Geopark Maros Pangkep.

Bupati Maros Andi S Chaidir Syam dalam keterangannya di Makassar, Sabtu, mengatakan peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan VII Pusat Pelatihan Pengembang (Puslatbang) KMP LAN RI Antang itu sedianya diterima di Ruang Pola Kantor Bupati Maros.

Tetapi karena adanya penetapan dari UNESCO bahwa kawasan Geo Park Maros Pangkep itu sebagai Global Geo Park, maka Bupati Maros memindahkan lokasi penerimaan peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II ini ke Rammang-rammang.

"Kita ingin memperkenalkan kawasan Rammang-rammang kepada seluruh dunia. Dan yang terpenting, bagaimana para peserta melakukan diskusi di tempat ini dan memberikan sumbang saran atas pengelolaan Rammang-rammang sehingga bisa menjadi benar-benar taman dunia," ujarnya.

Terkait dengan kepemimpinan, Bupati Chaidir Syam juga berbagi tip. Bahwa menjadi pemimpin adalah bagaimana memberikan kepercayaan kepada staf agar bisa bekerja sesuai dengan instruksi.

"Pendelegasian tugas dan fungsi harus jelas dan terukur. Olehnya itu diperlukan seni dalam memimpin. Sebagai pemimpin kita hanya memberi motivasi dan arahan, biarkan staf berkreasi dan bekerja sehingga capacity building bisa terbangun," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan KMP LAN RI, Dr Andi Taufiq MSi yang mendampingi peserta melaksanakan visitasi, memberi apresiasi kepada Bupati Maros yang telah bersedia menerima dan menjadikan daerahnya sebagai lokus untuk melengkapi rangkaian proses pembelajaran kepemimpinan (leadership).

Peserta pelatihan ini berasal dari seluruh penjuru nusantara. Ada yang dari Papua, Kalimantan dan tentunya Sulawesi.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sendiri mengikutkan lima kepala OPD, yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Muh Saleh, Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistika dan Persandian A Winarno, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral A Eka Prasetya, Kepala Biro Barang dan Jasa Asrul Sani, serta Direktur RSUD Haji Makassar drg Sukreni Abdullah.*

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 60 kepala OPD se-Indonesia kunjungi destinasi Rammang-rammang

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024