Kupang (ANTARA Sulsel) - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya, meminta Duta Besar (Dubes) Aljazair untuk Indonesia, H.E.Hamza Yahai Cherif, mempromosikan pariwisata NTT ke dunia internasional.

"Saya berharap melalui Dubes Hamza, Aljazair membantu mempromosikan pariwisata NTT ke dunia internasional, setelah melihat sejumlah obyek wisata yang ada di wilayah kepulauan ini," katanya di Kupang, Rabu.

Gubernur mengutarakan hal tersebut saat menerima kedatangan Dubes Hamza dan rombongan di Kupang, sebelum memulai kunjungan ke sejumlah obyek wisata di NTT.

Menurut dia, NTT merupakan daerah kepulauan dengan kekayaan alam dan berbagai obyek wisata alam dan bahari yang mempesona, namun masih terkendala promosi, karena berbagai keterbatasan yang dimiliki.

Berbagai obyek wisata yang dimaksud Gubernur Lebu Raya antara lain Danau Kelimuti dengan tiga warna di Kabupaten Ende, Pasola di Pulau Sumba, Komodo di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Perkampungan Tradisonal di Kabupaten Alor, Berburu Ikan Paus di Kabupaten Lembata serta Nembrala dengan keindahan pantainya di Kabupaten Rote Ndao dan masih banyak lagi obyek wisata lain di NTT.

"Obyek-obyek wisata ini sudah banyak dikunjungi berbagai wisatawan nusantara (Wisnu) dan wisatawan mancanegara (Wisman), namun dampaknya belum dirasakan masyarakat setempat, karena belum seluruhnya dijangkau sarana dan prasarana yang memadai, termasuk penataan wilayah di sekitar obyek wisata belum optimal," katanya.

Berbagai keunggulan obyek wisata yang dimiliki NTT, di mana NTT ditetapkan sebagai salah satu daerah tujuan wisata bersama daerah lainnya di Indonesia.

"Kita berharap dengan kedatangan Dubes Aljazair ke NTT untuk pertama kalinya, dapat menambah minat wisnu dan wisman ke lokasi-lokasi tersebut," katanya.

(T.PSO-084/S004)


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024