Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa kini mencanangkan inovasi “Gassing Nganre” atau Aksi Penanggulangan Stunting dengan Telur dan Sayuran Kelor sebagai upaya menurunkan prevalensi stunting di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

“Inovasi Gassing Nganre ini merupakan prakarsa Pemerintah Kabupaten Gowa dalam upaya percepatan penurunan stunting yang berarti gerakan konsumsi telur dan daun kelor setiap hari untuk ibu hamil dan baduta (bayi berusia dua tahun), yang dipelopori dengan partisipasi mandiri masyarakat setempat,” ujar Sekda Kabupaten Gowa Kamsina dalam keterangannya di Makassar, Kamis.

Gassing Nganre difokuskan pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) mulai dari ibu hamil dan bayi di bawah dua tahun. Hal itu dilakukan untuk mencegah dan menangani prevalensi stunting di Kabupaten Gowa.

“Maka kami bentuk Dashat (Dapur Sehat Untuk Memerangi Stunting) dan itu sudah dilaksanakan di 167 desa/kelurahan di Kabupaten Gowa dengan menggunakan bahan lokal di daerah tersebut, kemudian dimasak dan diantarkan ke keluarga yang berisiko stunting, terutama bagi yang tidak mampu. ," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa Sofyan Daud menyebutkan dengan intervensi yang dilakukan Pemkab Gowa melalui inovasi “Gassing Nganre” dan terjun langsung ke lapangan cukup baik. perubahan terutama terkait lingkar lengan dan tinggi badan pada target.

“Dua bulan pertama sudah kami intervensi dan Alhamdulillah sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Mulai dari lingkar lengan, kemudian yang underweight sudah mulai bertambah, tinggi atau panjang badannya juga bertambah, cukup menyenangkan,” jelas Sofyan sebagai Sekretaris Percepatan Penanganan Stunting Kabupaten Gowa.

Berdasarkan data yang ada, kata Sofyan, jika target tersebut diintervensi justru melalui makanan berprotein tinggi, dipastikan akan menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Oleh karena itu, ia berharap pentingnya kerjasama semua pihak terutama SKPD terkait dan tokoh-tokoh dari pihak swasta, perguruan tinggi dan media massa dinilai dapat berperan dalam percepatan penurunan stunting di Gowa sesuai dengan peran masing-masing.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Gowa luncurkan inovasi "Gassing Nganre" untuk cegah stunting

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024