Medan (ANTARA) - Markas Komando Korps Brimob I Polri resmi berdiri di Kota Binjai, Sumatera Utara, Selasa, dengan menempati eks Markas Batalyon A Brimob Kepolisian Daerah Sumatera Utara.

Korps Brimob I Polri yang dipimpin Brigadir Jenderal Polisi Firly R. Samosir membawahi empat resimen (Resimen Pelopor dan Resimen Gegana) dan berperan sebagai pembina teknis 10 Satuan Brimob Polda di wilayah Sumatera yang meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung.

Upacara peresmian dan penempatan Pasukan Brimob I di eks Markas Batalyon A Brimob Polda Sumut dipimpin Wakil Komandan Korps Brimob Polri Inspektur Jenderal Polisi Imam Widodo.

Hadir pada upacara tersebut, Kapolda Sumut Irjen Polisi R.Z. Panca Putra Simanjuntak, Kasdam I/Bukit Barisan, Danlantamal I Belawan, Wali Kota Binjai, para wakapolda dan komandan Satuan Brimob se-Sumatera serta forkopimda.

Imam Widodo dalam sambutannya mengatakan peresmian Markas Komando Korps Brimob I Polri di Kota Binjai ini bertujuan menanggulangi pencegahan tindak kejahatan dengan skala intensitas tinggi.

"Keberadaan pasukan Brimob I Polri ini juga melaksanakan kegiatan operasional pengamanan agenda nasional 2024 dan internasional. Semoga dengan adanya pasukan Brimob I Polri bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa," ucapnya.

Imam menegaskan kehadiran pasukan Brimob untuk memelihara keamanan dalam negeri dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

"Jadi, perlu saya tegaskan bahwa Brimob itu pasukan khusus yang tugasnya memelihara keamanan di dalam negeri ini, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," katanya.

Ia menambahkan peresmian Korps Brimob I Polri ini merupakan amanah untuk meningkatkan kamtibmas. Markas komando ini akan menjadi tempat yang ramah, inklusif dan terbuka bagi masyarakat.

"Jadi, kehadiran kami di sini untuk menanggulangi situasi darurat, yakni membantu tugas kepolisian kewilayahan dan bersinergi dengan TNI, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, sosial dan menangani kejahatan dengan tingkat intensitas tinggi," kata Imam.

Pada 10 Juni 2022, penguatan struktur organisasi Korps Brimob Polri diresmikan melalui upacara yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, serta pelantikan dan kenaikan pangkat komandan Korps Brimob Polri menjadi bintang tiga, uaitu Komisaris Jenderal Polisi Anang Revandoko.

Pembentukan Korps Brimob I, II dan III berdasarkan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Berita ini  juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Markas Komando Brimob I Polri Resmi berdiri di Binjai

Pewarta : Munawar Mandailing
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024