Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) dan PT PALselaku industri pertahanan maritim Indonesia sepakat bekerja sama dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam upaya penguatan sektor maritim Indonesia.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas Prof Dr Eng Adi Maulana dengan CEO PT. PAL Kaharuddin Djenod di Ruang Senat, Lt. 2 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Rabu.

Pada kesempatan itu, Prof Adi menyampaikan terima kasih atas kolaborasi yang akan dibangun antara Unhas bersama PT. PAL termasuk dalam upaya memperkuat sektor dan membangun kemandirian Indonesia di bidang kemaritiman.

Menurut dia, terdapat sejumlah peluang kerja sama yang dapat dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang diharapkan berdampak pada kemandirian sektor kemaritiman Indonesia.

Berbicara tentang kemaritiman, kata dia, Unhas merupakan kampus yang visi misinya sejalan dengan hal tersebut.

"Dalam mendorong penguatan sektor tersebut, PAL memiliki peran strategis dan Unhas sebagai perguruan tinggi siap memberikan dukungan dan kontribusi untuk upaya penguatan sektor maritim Indonesia. Kita bisa melakukan penelitian bersama ataupun mempersiapkan SDM melalui kesempatan magang di PT. PAL,” kata Prof Adi.

Pada kesempatan yang sama, Kaharuddin Djenod dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Unhas.

Ia menjelaskan, PT. PAL mendapatkan amanah besar untuk bergerak bersama membangun kekuatan dan kemandirian maritim Indonesia. Oleh karena itu, menurut Kaharuddin, amanah tersebut akan berjalan optimal ketika pemerintah, industri, dan perguruan tinggi terlibat dan mengambil peran sesuai kapasitas yang dimiliki.

Ia juga memberikan gambaran secara umum tentang PT. PAL yang merupakan perusahaan galangan kapal terbesar di Indonesia. Tidak hanya itu, Kaharuddin juga menjelaskan tentang beberapa program strategis yang sudah dilakukan oleh PT. PAL dalam membantu pemerintah mendorong penguatan sektor maritim Indonesia.

Usai penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan kuliah umum mengenai kemandirian negara maritim Indonesia yang disampaikan oleh CEO PT. PAL.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unhas-PT PAL kerja sama penguatan sektor maritim Indonesia

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024