Moskow (ANTARA) - Rusia Vladimir Putin pada Jumat (9/6) mengatakan pengerahan senjata nuklir taktis di Belarus akan dimulai pada Juli.

Berbicara dalam pertemuan dengan Presiden Belarusia Aleksandr Lukashenko di Sochi, Putin mengatakan bahwa pengembangan fasilitas khusus diperlukan untuk pengerahan yang dijadwalkan selesai pada 7-8 Juli.

“Pada isu-isu paling sensitif yang telah kita sepakati, semuanya berjalan sesuai rencana. Seperti yang Anda ketahui, persiapan fasilitas terkait akan selesai pada 7-8 Juli, dan kami akan segera memulai kegiatan terkait penyebaran yang relevan. jenis senjata di wilayah Anda," katanya.

Pada akhir Mei, menteri pertahanan Rusia dan Belarus menandatangani kesepakatan tentang proliferasi senjata nuklir Rusia di Belarus, yang menetapkan syarat untuk menyimpannya di fasilitas penyimpanan khusus.

Awal tahun ini, Putin mengumumkan bahwa Rusia akan mengerahkan senjata nuklir taktis dan menyelesaikan pembangunan fasilitas penyimpanan khusus untuk mereka di negara tetangga Belarusia.

Putin mengatakan langkah itu merupakan respons terhadap peningkatan risiko keamanan. Putin juga menegaskan bahwa Moskow mengikuti Amerika Serikat yang menyebarkan senjata nuklir taktisnya di negara-negara Eropa.

Sumber: Anadolu

Berita ini juga pernah tayang di Antaranews . com dengan judul: pada bulan Juli

Pewarta : Cindy Frishanti Octavia
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024