Makassar (ANTARA) - Bupati Wajo, Sulawesi Selatan, Amran Mahmud, menitip doa untuk daerah yang dipimpinnya kepada 120 calon jamaah haji PT Darmawan Tour dan Travel tahun 2023 di Islamic Center Palaguna, Kecamatan Pammana, Wajo.

"Saya titip doa untuk seluruh masyarakat Kabupaten Wajo agar dibukakan pintu berkah sehingga seluruh sektor berjalan lancar dan kita bisa mewujudkan masyarakat sejahtera," ujarnya saat melepas 120 calon jamaah haji dan 10 orang petugas Jamaah Haji Khusus di Wajo, Minggu. 

Amran yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Wajo itu berpesan agar jamaah melaksanakan ibadah haji dengan baik.

"Kita bersyukur melihat antusiasme dan atensi masyarakat Kabupaten Wajo untuk melaksanakan ibadah haji," ujarnya.

Ia mengatakan tahun ini jumlah jamaah haji reguler di Wajo sebanyak 484 orang dari tiga kelompok terbang (kloter). "Jadi ada sekitar 600 JCH kita yang berangkat tahun ini. Dan Wajo memang terbesar keempat jumlah jamaah calon haji setelah Makassar, Bone dan Gowa," ujarnya.

Belum lagi, lanjut dia, daftar tunggu pemberangkatan haji di Wajo sudah mencapai hampir tujuh belas ribuan orang atau sekitar 42 tahun menunggu jika dihitung dari kuota pemberangkatan saat ini.

"Ini menandakan atensi luar biasa dari masyarakat untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima dan kita apresiasi itu," kata dia.

Amran Mahmud juga berpesan untuk saling menjaga dan membantu antar-sesama jamaah. "Apalagi di rombongan ini saya lihat ada beberapa tokoh dan orang hebat. Kami titip semua rombongan dan selamat menjalankan ibadah haji," ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wajo Muhammad Yunus juga menyampaikan kebahagiaannya karena tahun ini cukup banyak jamaah calon haji yang berangkat.

"Kami mengapresiasi PT Darmawan Tour dan Travel yang kita ketahui memiliki izin resmi untuk penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, serta selama ini memiliki catatan yang baik," ucapnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024