Makassar (ANTARA) - Sebanyak sembilan pewarta ANTARA dari berbagai provinsi di Pulau Sulawesi mengikuti kegiatan "coaching clinic" untuk peningkatan kompetensi jurnalistik.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut yakni 13-15 Juni 2023 berlangsung di Kantor ANTARA Biro Sulsel di Makassar, diikuti pewarta ANTARA dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Utara.

Pelatihan tersebut melibatkan tiga pewarta senior ANTARA sebagai instruktur dari kantor pusat di Jakarta, yakni Reza Subagyo dan Dewanti Lestari dari Tim Ombudsman ANTARA, dan Desi Purnamawati selaku Plt Kepala Redaksi (Kared) Metro ANTARA.

Kepala Biro ANTARA Sulawesi Selatan Anwar Maga mengajak peserta agar fokus mengikuti pelatihan karena akan berguna dalam pelaksanaan tugas peliputan di masa mendatang.

"Fokus dan tekunlah mengikuti pelatihan ini, karena kelak berguna bagi setiap pewarta dalam menjalankan tugas-tugas rutin di masa mendatang," ujarnya di Makassar, Rabu.

Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan yang membahas teknik penulisan, stylebook ANTARA, hingga berbagai kita-kiat penulisan didasarkan pada tata bahasa Indonesia yang benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Pelatihan tersebut digelar dengan tujuan meningkatkan kualitas karya-karya jurnalistik pewarta ANTARA dalam menyajikan informasi atau berita yang terpercaya dan aktual kepada masyarakat.

Acara tersebut juga membahas tentang kebijakan pemberitaan, tema dan kisi- kisi Public Service Obligation (PSO) melalui diskusi sebagai upaya adanya timbal balik dan masukan baik bagi peserta atau pun pemateri.

Selain itu, juga untuk memberikan pemahaman terhadap pewarta agar dapat meminimalisir kesalahan dalam penulisan berita dengan tetap mengikuti aturan stylebook ANTARA dan kisi-kisi PSO.

Selanjutnya, pewarta ANTARA diharapkan dapat menghasilkan karya jurnalistik atau berita-berita berkualitas berisikan data dan fakta.

Sehingga Insan ANTARA semakin mampu mengawal dan menyampaikan berbagai informasi, termasuk program - program pembangunan dan pemberdayaan yang dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024