Makassar (ANTARA) - Sebanyak 393 jamah calon haji (JCH) dari tiga daerah di Provinsi Sulawesi Selatan masuk pemondokan Asrama Haji Sudiang Makassar sebelum pemberangkatan ke Mekah, Arab Saudi yang dijadwalkan Selasa (20/6).

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Ujung Pandang (UPG) Makassar, Mawardi Siradj di Makassar, Senin, mengatakan JCH yang masuk pemondokan  berasal dari Kota Makassar, Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Enrekang.

"Dari tiga daerah di Sulsel dan terbanyak dari Kabupaten Jeneponto, kemudian Enrekang dan Makassar " ujarnya.

Mawardi menyebutkan, jumlah JCH secara keseluruhan yang telah masuk pemondokan dan direncanakan akan diberangkatkan ke Mekah, Arab Saudi sebanyak 393 orang.

Dari jumlah itu, kata dia, sebanyak 343 JCH berasal dari Kabupaten Jeneponto, 27  dari Kabupaten Enrekang dan sisanya 18  dari Kota Makassar.

Untuk semua rombongan JCH itu, masuk dalam rombongan Kelompok Terbang (Kloter) 40 dan direncanakan diterbangkan pada Selasa.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kas) Perjalanan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jeneponto, Mukti Ali mengatakan, seluruh JCH tahun ini telah menunggu selama 13 tahun untuk pemberangkatan.

Para JCH tersebut mulai mendaftar untuk pemberangkatan haji sejak 2009 hingga 2011.

"Jadi yang berangkat tahun ini mendaftar sejak tahun 2009 hingga 2011. Kalau yang mendaftar di tahun 2009 yang berangkat atas nama Nur Ismi, sekaligus calon haji termuda umur 21 tahun. Nur Ismi ini menggantikan ayahnya yang sakit," ucapnya.


Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024