Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) menyiapkan petinju muda untuk menghadapi Kejuaraan Dunia di Kiev, Ukraina, 5-15 September 2013.

Ketua Bidang Pelatnas PP Pertina John Amanupunyo, saat dihubungi dari Makassar, Sabtu, mengatakan para petinju muda yang disiapkan sebanyak 15 atlet. Dari 15 atlet tersebut akan disaring menjadi tujuh hingga delapan untuk memperkuat Indonesia di kejuaraan tersebut.

"Seluruh atlet tetap berlatih sesuai program yang telah disiapkan. Untuk penentuan atlet tetap akan kita lihat seleksi yang akan kami gelar nanti," jelasnya.

Mantan Direktur Teknik Pertina Sulsel itu menjelaskan bhwa dari 15 petinju muda yang ada, satu di antaranya berasal dari Sulsel yakni Andre Amanupunyo yang tampil di kelas 56kg.

Selain itu, adapula Ahmad Wike, (Sumatera Barat), Mensen Ballo (Nusa Tenggara Timur),Jun Engkeng, Aldoms Suguro (DKI Jakarta), Ari Agustin (Kalimantan Barat), Muhammad Palderama (Sumatera Utara), Weldy Mabilaka (Nusa Tenggara Timur) serta Rizky Akbar yang juga berasal dari DKI Jakarta.

"Tujuan utama kiami menurunkan atlet di kejuaraan dunia nanti sebagai upaya meningkatkan jam terbang para petinju muda di level internasional. Apalagi secara kualitas memang cukup berpotensi sehingga layak diberi ruang lebih," katanya.

Lebih jauh, dari 15 atlet muda yang dipersiapkan, lima petinju di antaranya juga telah disiapkan memperkuat timnas senior/elite yang diproyeksikan memperkuat Indonesia di kejuaraan dunia Piala Presiden 2014.

Kelimanya petinju itu, antara lain Ari Agustin, Rizky Akbar, Aldoms Sugoro, Jun Engkeng, serta Andre Amanupunyo asal Sulsel.

Kelimanya dinilai layak menjadi tim pelapis karena sudah sempat tampil memperkuat Indonesia di kejuaraan Asian Confederation Youth Boxing Championship di Subic Bay, Filipina, 10-17 Maret 2013. Bahkan Jun Engkeng yang tampil di 49kg justru berhasil melalui laga perdana mengalahkan wakil Irak dengan skor mutlak 24-7.

"Kelimanya punya potensi untuk masuk tim lapis ketiga yang kami persiapkan di Piala Presiden 2014. Mudah-mudahan keterlibatan para atlet muda ini membuatnya lebih siap jika diturunkan di Piala Presiden 2014," ujarnya. Farochah

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024