Jayapura (ANTARA) -
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyebutkan peningkatan layanan telekomunikasi menjadi 4G/LTE mempercepat transformasi digital di kabupaten/kota seluruh Indonesia termasuk Papua.
 
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkomimfo Wayan Toni Supriyanto dalam siaran pers diterima di Jayapura, Papua, Senin, mengatakan pemerintah menetapkan percepatan transformasi digital sebagai salah satu program prioritas.
 
"Kami mengapresiasi keberhasilan Telkomsel menuntaskan peningkatan seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia," katanya.
 
Menurut Wayan, salah satu kunci percepatan transformasi digital di Indonesia adalah perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dalam bentuk pemerataan jaringan telekomunikasi.
 
"Sehingga komitmen Telkomsel sejalan dengan program pemerintah percepatan transformasi digital diharapkan dapat memberikan pengalaman internet yang lebih cepat, stabil, dan andal bagi seluruh masyarakat," ujarnya.
 
Sementara itu, Direktur Network Telkomsel Nugroho memastikan hadirnya pemerataan dan kesetaraan akses jaringan broadband terdepan hingga pelosok negeri melalui proses peningkatan/pengalihan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kabupaten/kota.
 
"Proses dimulai Maret 2022, secara bertahap dan terukur dirampungkan pada Juni 2023 dengan mengalihkan teknologi jaringan 3G lebih dari 49 ribu BTS ke 4G/LTE," katanya.
 
Menurut Nugroho, kini lebih dari 96 persen wilayah di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G/LTE Telkomsel.

Melalui upaya itu, Telkomsel terus memperkuat perannya sebagai leading digital telco company yang senantiasa menghadirkan konektivitas digital terdepan melalui layanan dan solusi digital inovatif yang melebihi ekspektasi para pengguna, menciptakan nilai lebih bagi para pihak sekaligus mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024