Makassar (ANTARA) - Polda Sulawesi Selatan beserta jajaran polres mengamankan 255 orang pelaku kejahatan saat digelar Operasi Sikat Lipu 2023.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso saat rilis kasus di Makassar, Selasa, mengatakan Operasi Sikat Lipu 2023 dilaksanakan selama 20 hari dari 6 - 25 Juni 2023.

"Operasi Sikat Lipu 2023 adalah salah satu operasi khusus untuk menekan tindak kejahatan di wilayah Sulawesi Selatan," ujarnya.

Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso mengatakan sasaran dari operasi sikat lipu yaitu pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dan kekerasan (curas), serta pencurian dan pemberatan (curat).

Adapun data jumlah target operasi (TO) dalam operasi tersebut, sebanyak 77 Kasus dan yang terungkap penyelesaiannya 100 persen, jumlah bukan TO berhasil terungkap 178 kasus dan jumlah laporan polisi 209 laporan.

Kapolda Sulsel menyebut, terduga pelaku kejahatan secara keseluruhan yang diamankan sebanyak 255 orang, terdiri laki-laki 236 dan perempuan 19 orang. Ada juga pelaku berstatus di bawah umur dan lima diantaranya masih pelajar.

"Tersangka ada 255 orang. Ada yang berprofesi sebagai PNS, sopir angkot, tukang ojek, petani, buruh, guru kontrak, sekuriti dan juga pelajar," katanya.

Sementara barang bukti (BB) yangdiamankan diantaranya berupa 49 unit sepeda motor, 106 unit handphone, uang tunai Rp69 juta, perhiasan 56 gram, hewan ternak 8 ekor, dan kotak amal 4 unit.

Kapolda berharap seluruh masyarakat ikut berperan aktif menjaga lingkungan tempat tinggal sekolah dan kantor guna mencegah terjadinya kejahatan, dan selalu waspada meninggalkan barang berharga di mobil dan motor.


Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024