Makassar (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Makassar melatih 50 orang Potensi SAR Teknik Pertolongan di Ketinggian atau High Angle Rescue Technique (HART) untuk digunakan dalam pelaksanaan operasi SAR, di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

"Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi potensi SAR dalam melaksanakan tugas kemanusiaan," kata Pelaksana Harian Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Bustanil, Selasa

Selain itu pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bantaeng, yang menyediakan fasilitas sekaligus menjadi tempat pelatihan bagi para peserta pelatihan.

Sebelumnya, Asisten I Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng Hartawan Zainuddin mengatakan tujuan kegiatan pelatihan ini, untuk mencetak insan SAR yang handal dan profesional dalam melaksanakan tugas kemanusiaan.

"Pelatihan ini sangat diperlukan, mengingat Sulsel memiliki perairan dan pegunungan dengan karakteristik yang tentunya berbeda di setiap kabupatennya," kata Hartawan.

Para peserta dibekali pelatihan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan beberapa materi seperti Anchore dan Belay, Ascending dan Descending, Lowering dan Lifting, dari instruktur Basarnas Sulsel yang memang memiliki kualifikasi teknik HART.

"Nantinya, dengan ilmu yang sudah dimiliki oleh para peserta pelatihan ini, diharapkan akan dapat melakukan antisipasi dalam pelaksanaan tugas Operasi SAR yang mungkin akan terjadi setiap saat," paparnya menambahkan di Gedung Baruga Karaeng Latuppa, Pantai Marina, Bantaeng.

Kegiatan Pelatihan HART tersebut berlangsung selama tujuh hari di mulai 07-13 Juli 2023, yang dipusatkan di kabupaten setempat.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024