Makassar (ANTARA Sulsel) - Kenshi asal Sulawesi Selatan Ade Irma sukses menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia pada kejuaraan kempo internasional Taikai 2013 di Jepang, 23-25 Agustus.

Sekretaris Umum Perkemi Sulsel Bonay Syam di Makassar, Rabu, mengatakan peraih perak SEA Games 2011 tersebut berhasil menjadi yang terbaik pada nomor embu beregu putri.

"Ade Irma kembali membuktikan layak memperkuat timnas Indonesia dengan raihan medali emas di Jepang. Adapun dua atlet Sulsel lainnya yang juga tampil yakni Ronald Huyanto dan Dian Pertiwi, meski gagal namun kita berharap bisa tampil lebih baik di SEA Games 2013," katanya.

Sulsel di kejuaraan dunia tersebut mewakilkan tiga atlet terbaiknya masing-masing Ade Irma, Ronald Huyanto serta Dian Pertiwi.

Mengenai keberhasilan Ade Irma di Jepang, kata dia, karena Ade dinilai lebih lama mempelajari kategori embu. Kondisi itu berbeda dengan dua rekannya yang memang memiliki spesialis di nomor randori atau kelas tarung.

Menurut dia, ketiga atlet Sulsel tersebut juga sudah dipastikan masuk tim inti SEA Games Myanmar 2013. Pihaknya juga cukup optimistis ketiga atlet bisa memberikan hasil maksimal untuk timnas Indonesia.

"Saya kira Ronald dan Dian akan lebih berpeluang jika diturunkan dinomor randori yang memang menjadi spesialisasinya. Namun setiap atlet tetap harus waspada karena perkembangan kmepo di ASEAN juga sudah cukup merata,` katanya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, juga berharap keberhasilan atet Sulsel di kejuaraan Jepang bisa berlanjut di SEA Games 2013. Apalagi kualitas atlet sudah dibuktikan baik ditingkat nasional hingga internasional.

Pada kejuaraan dunia di Jepang, Indonesia yang menurunkan 38 atlet pelatnas SEA Games 2013 berhasil meraih enam medali emas, satu perak, dan satu perunggu dari kategori embu.

Perolehan medali emas Indonesia masing-masing dipersembahkan Arif Rachman dan Revi Pratama (nomor kyu kenshi putra), Ligar Nulaila dan Dwi Putri Krisnasari (embu pasangan 1 Dan), Putra Rifki Andrian dan Pratama Dani (embu pasangan 1 Dan), Jeneth P Dethan dan Siti N Alil (embu berpasangan 2 Dan), Al Jufri dan Arif Satria (embu berpasangan 2 Dan), serta dari nomor beregu putri.

Medali perak masing-masing berasal dri Isna Suryani dan Erik Syahputra (kyu kenshi campuran) serta perunggu dari tim beregu yudhansa. N Yuliastuti

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024