Makassar (ANTARA Sulsel) - Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Sulawesi Selatan Rahman Daeng Tayang mengatakan, musim panen padi pada kuartal kedua 2013 dapat mengoptimalkan pengadaan beras di Sulsel.

"Rata-rata sejumlah daerah di Sulsel sudah panen dan hasilnya cukup memuaskan seperti di Kabupaten Maros, Pangkep dan Wajo meskipun sempat mengalami banjir beberapa waktu lalu," kata Rahman di Makassar, Senin.

Menurut dia, dengan optimalisasi pengadaan pada setiap masa panen, maka target surplus beras tiga juta pada 2013 dapat tercapai.

Dia mengatakan, kalau selama ini rata-rata hanya 2,5 juta ton surplus beras per tahun, maka pada akhir tahun ini diyakini dapat terwujud.

Hal itu dibenarkan petani di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulsel, Muh Anwar.

Dia mengatakan, selain kuantitas hasil panen pada kuartal kedua 2013 ini lebih baik dibandingkan kuartal pertama, juga kualitasnya pun lebih baik daripada kuartal pertama pada 2013.

Hal senada dikemukakan petani lainnya di Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulsel, Mustamin.

Dia mengatakan, setiap panen mampu menghasilkan pendapatan Rp2 juta per petak sawah, setelah dikeluarkan biaya operasionalnya. Ridwan Ch

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024