Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengajak masyarakat memperkuat persaudaraan dalam momentum 1 Muharram atau Tahun Baru Islam 1445 Hijriah yang jatuh pada 19 Juli 2023.

"Satu Muharram ini berarti bagaimana meningkatkan derajat keimanan kita, memberikan pesan moral, saling respect dan saling menguatkan persaudaraan di antara kita," ujarnya di Makassar, Rabu.

Terlebih lagi, kata Andi Sudirman, masyarakat Indonesia dan masyarakat Sulsel pada khususnya akan menghadapi tahun politik dengan potensi berselisih dan salah paham lebih besar.

Maka di tahun baru Islam, Andi Sudirman berharap masyarakat mengedepankan kebersamaan, termasuk dalam kebebasan beragama.

"Tidak mencampuradukkan hal yang dipertentangkan, apalagi jika itu sesuatu yang tidak penting, demi keutuhan kita dan negara," urainya.

Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di tahun 2023 ini, disambut secara suka cita di berbagai daerah, lembaga pendidikan, hingga komunitas.

Salah satunya Pemerintah Kabupaten Pinrang bersama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Pinrang yang menggelar Pawai Ta'aruf yang menghadirkan ribuan peserta di Pinrang.

Dalam sambutannya, Bupati Pinrang Irwan Hamid mengapresiasi semangat yang ditunjukkan para peserta dalam memeriahkan tahun baru Islam 1445 Hijriah.

"Selamat tahun baru Islam 1445 Hijriah, semoga kita dapat menjaga toleransi dan sinergitas diantara masyarakat Kabupaten Pinrang" ujar Bupati Irwan.

Bupati Irwan pun larut dalam euforia perayaan yang turut dihadiri unsur Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD serta ribuan peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024