Makassar (ANTARA) - Sejumlah daerah kabupaten di Sulawesi Selatan menggelar pawai peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah, seperti Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Sidrap.

Pawai Ta'aruf 1 Muharram yang digelar Pemerintah Kabupaten Pinrang bersama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Pinrang, Rabu sukses menghadirkan ribuan peserta.

Bupati Pinrang Irwan Hamid mengapresiasi semangat yang ditunjukkan para peserta dalam memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah.

"Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, semoga kita dapat menjaga toleransi dan sinergitas di antara masyarakat Kabupaten Pinrang," ujar Irwan.

Irwan berpesan, momentum tahun baru Islam hendaknya dijadikan starting point menuju peningkatan akhlak, budi pekerti dan sikap Islami seperti yang ditunjukkan Nabi Muhammad SAW.

Karena itu Irwan berharap masyarakat Muslim Kabupaten Pinrang dapat terus meningkatkan takwa dan menjaga toleransi serta sinergi utamanya dalam menghadapi tahun politik.

Ia pun larut dalam euforia perayaan yang turut dihadiri unsur Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD serta ribuan peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

Sementara Bupati Sidrap Dollah Mando, menghadiri peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah di Kecamatan Dua Pitue yang dipusatkan di lapangan sepak bola Andi Takko, Tanrutedong.

Pada kesempatan itu, Dollah Mando melepas peserta pawai yang diikuti ratusan pelajar dalam rangka memperingati 1 Muharram atau Tahun Baru Islam 1445 Hijriah.

"Ini patut diapresiasi, kita berharap kerukunan dan kerja sama ini terus terjaga," kata dia turut mengapresiasi kebersamaan segenap elemen masyarakat Kecamatan Dua Pitue memeriahkan tahun baru Islam 1445 Hijriah.

Ia selanjutnya mengatakan, tahun baru Islam merupakan salah satu momentum yang tepat untuk melakukan introspeksi diri.

"Dengan melakukan introspeksi, kita bisa memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kualitas diri ke depan," pesannya.
  Bupati Sidrap Dollah Mando saat melepas peserta pawai 1 Muharram 1445 Hijriah yang diikuti ratusan pelajar di Sidrap, Rabu (19/07/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkab Sidrap

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024