Makassar (ANTARA) - Bissu Kahar Eka asal Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan mengapresiasi petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Makassar yang dinilai telah memberikan dampingan pada jamaah secara optimal.

"Kami sangat mengapresiasi setulus-tulusnya kepada petugas PPIH yang selalu mendampingi dan membantu kami dengan penuh kesabaran dan keikhlasan," kata Bissu Kahar Eka ketika tiba di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, kebaikan hati dan dedikasi yang tinggi dari petugas PPIH Makassar ini telah memberikan sumbangsih besar perjalanan spiritual para jamaah.

Baca juga: Bupati MYL lepas keberangkatan 301 JCH Pangkep

Baca juga: Kloter 32 tutup pemberangkatan jamaah haji asal Pangkep

Bissu Kahar Eka yang berdomisili di.kawasan rumah "arajang" Segeri, Kabupaten Pangkep adalah bagian dari komunitas Bissu yang di kalangan masyarakat Bugis Makassar adalah sebagai orang suci.

Bissu Kahar Eka yang tergabung dalam Kloter 22 Debarkasi Makassar, disambut gembira dengan keluarga dan komunitas seperti halnya jamaah haji lainnya di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

"Ini suatu kesyukuran yang sangat besar bagi saya, karena mendapat kesempatan dari Allah SWT untuk berhaji," katanya.

Baca juga: 20 seniman muda pelajari budaya Bissu di Segeri Pangkep

Selain itu, lanjut dia, berkat dukungan petugas PPIH Makassar baik selama di Asrama Haji Sudiang, Makassar maupun ketika berada di Tanah Suci.

Kloter 22 Debarkasi Makassar dengan jumlah jamaah sebanyak 390 orang tiba di Aula Asrafah Asrama Haji Sudiang Makassar, terdiri dari 207 jamaah asal Kabupaten Pangkep, 177 jamaah asal Kabupaten Bone dan 1 jamaah asal Provinsi Sulawesi Barat.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024