Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke babak 16 besar Japan Open 2023 usai mengalahkan wakil China He Ji Ting/Zhou Hao Dong melalui rubber game 20-22, 21-17, 21-10.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Yoyogi, Rabu, Fajar/Rian mengaku lawan mampu mengimbangi ritme permainan mereka, bahkan memberikan perlawanan yang ketat dan alot, sehingga cukup memberikan tekanan pada pasangan Indonesia.

“Lawan bermain baik terutama di gim pertama. Mereka tidak mudah dimatikan dan saya banyak melakukan kesalahan sendiri. Dari segi kecepatan kami juga masih lambat. Servis saya nyangkut di poin 20-19 gim pertama, itu kecolongan, dalam arti tidak boleh lagi seperti itu di poin kritis,” ungkap Fajar dalam keterangan tertulis PBSI yang diterima di Jakarta.

Di gim kedua, pasangan Indonesia bisa membalikkan keadaan saat posisi sudah tertinggal dan pasangan ganda putra nomor satu dunia itu tampil semakin percaya diri di gim ketiga untuk memastikan kemenangan.

“Di gim ketiga, fokus dan konsentrasi mereka kelihatan menurun. Mungkin karena sempat unggul di gim kedua dan akhirnya kalah jadi sulit untuk kembali menemukan momentumnya,” kata Fajar.

“Kami sudah berekspektasi memang akan mendapat perlawanan ketat dari mereka. Di sini saya melihat, lawan cocok dengan kondisi shuttlecock yang berat. Tidak mudah tapi alhamdulillah kami bisa menang,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Rian mengatakan pada saat mereka tertinggal dari He/Zhao di gim kedua, ia dan Fajar berusaha untuk mengubah strategi servis, dan ternyata taktik itu cukup berhasil untuk mengumpulkan banyak poin.

“Dari sana titik balik pertandingan hari ini buat kami,” katanya.

“Kondisi kami pasti sedikit mengalami penurunan tapi kami kami coba mengatur, pintar-pintar jaga kondisi. Kami sudah menyiapkan semua hal untuk tiga turnamen jadi kami mau terus fit di sisa tur pertandingan ini,” tambah Rian.

Pada hari kedua Japan Open 2023, Indonesia menurunkan sembilan wakil. Selain Fajar/Rian, ada ganda putra lainnya yaitu Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Sementara itu di ganda campuran terdapat nama Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari serta di ganda putri akan tampil Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Chaya Pratiwi. Selanjutnya, tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie.


Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024