Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar Mawardi Siradj mengatakan jumlah keseluruhan haji yang wafat saat menjalankan ibadah haji di Arab Saudi selama musim haji 2023 sebanyak 56 orang.

"Alhamdulillah, pelaksanaan ibadah haji telah selesai dengan diterapkannya kloter 43, Kamis (3/8). Selama musim haji tahun ini, jumlah haji yang meninggal dunia sebanyak 56 orang asal Embarkasi Makassar," ujarnya di Makassar, Jumat.

Mawardi menyebutkan dari 56 orang haji yang wafat itu, asal Sulawesi Selatan sebanyak 21 orang, Sulawesi Barat (Sulbar) enam orang dan Sulawesi Tenggara (Sultra) juga enam orang.

Kemudian asal Maluku Utara sebanyak sembilan orang, Gorontalo empat orang, Papua dua orang, Maluku lima orang dan Provinsi Papua Barat sebanyak tiga orang.

Ia mengatakan jika dari 56 orang peserta haji yang wafat enam orang diantaranya dimakamkan di Tanah Air dan 50 orang lainnya di Arab Saudi.

Mawardi mengatakan jika enam orang yang dimakamkan di Tanah Air karena keenam itu ada yang meninggal dunia saat dalam perjalanan pulang ke Indonesia dan ada juga yang meninggal ketika baru turun dari pesawat.

"Tiga orang wafat perjalanan pulang ke Embarkasi dan tiga lagi wafat saat berada di asrama haji Makassar dan jenazah para haji itu dibawa pulang ke kampung halamannya masing-masing," katanya.

Ia menerangkan dengan berakhirnya masa ibadah haji itu, jumlah jamaah yang telah dipulangkan ke Tanah Air melalui debarkasi UPG Makassar sebanyak 16.832 orang dari total 16.888 peserta haji. Selain itu masih ada enam haji yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024