Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil menempati peringkat enam nasional peraih insentif Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Artikel Ilmiah dan Gagasan Futuristik Tertulis (AI dan GFT).

Kampus Merah berhasil meloloskan 14 judul yang terdiri dari sembilan PKM Artikel Ilmiah dan lima PKM Gagasan Futuristik Tertulis.

“Alhamdulillah terdapat peningkatan jumlah judul yang mendapatkan insentif untuk PKM Bidang AI dan GFT. Sebelumnya, pada 2022 Unhas meloloskan sembilan judul, yakni tiga PKM AI dan enam PKM GFT, jadi ada peningkatan," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM(K) di Makassar, Minggu.

Ia  berharap, prestasi kemahasiswaan ini dapat terus ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya.

“Prestasi ini tentu terus kita genjot, dan Unhas akan melakukan upaya-upaya agar capaian peringkat Unhas dalam hal prestasi mahasiswa terus meningkat,” ujarnya.

PKM AI dan GFT merupakan ajang yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek RI.

PKM AI adalah salah satu bidang PKM yang mempunyai tujuan utama membantu dan menyediakan media bagi mahasiswa Indonesia untuk membuat artikel ilmiah dari hasil kegiatan akademik berkelompok yang telah dilakukan. Sedangkan PKM GFT merupakan gagasan kreatif yang futuristik sebagai respons intelektual atas persoalan aktual yang dihadapi bangsa.

Selain prestasi di atas, tahun ini Unhas berhasil menduduki peringkat empat nasional perguruan tinggi dengan pendanaan PKM terbanyak tahun 2023. Pada PKM delapan8 bidang ini, Unhas meraih pendanaan Rp1,011 miliar  untuk 135 proposal yang dinyatakan lolos.

Tak hanya itu, sebelumnya pada program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2023, Unhas berhasil lolos seratus persen dengan tujuh subproposal.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024