Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc menyambut secara resmi 8.724 mahasiswa baru dalam kegiatan bertajuk “Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di GOR JK Arenatorium Unhas, Senin.

Dalam sambutan pidatonya, Prof Jamaluddin Jompa, menyampaikan pelaksanaan PKKMB ini sebagai momentum penyatuan semangat dan menjadi awal membangun generasi bangsa yang diharapkan menjadi calon pemimpin masa depan.

Ia menjelaskan, lulus pada program studi yang dipilih adalah tanggung jawab untuk mampu menyelesaikan masa studi dan menjadi mahasiswa yang dapat berkontribusi pada keilmuannya baik secara akademik maupun non akademik.

"Oleh karena itu anda tidak salah pilih untuk memilih Unhas menjadi tempat belajar banyak hal, sehingga hari ini adalah hari yang sangat penting untuk kita maknai sebagai langkah awal masa depan," ujarnya.

"Kita membuka ruang belajar seluas-luasnya bagi para peneliti dosen dan mahasiswa meraih cita-cita dan peradaban bangsa dalam menguasai sains, teknologi, dan inovasi," sambung Prof JJ.

Lebih lanjut, Prof JJ menyampaikan harapannya bagi mahasiswa baru untuk mampu beradaptasi dan terus mengeksplor diri dalam pengembangan minat dan bakatnya.

Diharapkan segala hal positif dan hal baik selalu menjadi jalan menuju kesuksesan melalui peran serta kontribusinya bagi peningkatan kualitas mutu pendidikan, khususnya bagi Unhas untuk peningkatan reputasi dalam bersaing di kancah global.

Semua keinginan kita adalah bagi kemajuan kalian dalam dunia pendidikan. Unhas Masa depan terpampang luas dan kesempatan itu pun sangat banyak.

"Potensi diri dapat pula diperkuat melalui lembaga kemahasiswaan untuk melatih kemampuan kepemimpinan. Sehingga segala pembuktian pencapaian prestasi Unhas sampai hari ini adalah karena prestasi mahasiswanya," jelas Prof. JJ.

Dalam pelaksanaan PKKMB 2023, Unhas menginisiasi Gerakan Unhas Hijau dengan tagline “Selamatkan Bumi, Selamatkan Masa Depan”, Gerakan Unhas hijau ini didukung dengan pemberian bibit pohon kepada setiap mahasiswa baru.

PKKMB 2023 diikuti 8.724 mahasiswa baru dengan rincian sebanyak 8.481 pada jenjang Sarjana (S1) dan 243 mahasiswa Sarjana Terapan (DIV) pada periode akademik 2023/2024.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024