Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyiapkan Kapal Pinisi untuk menjamu tamu-tamu penting, diantaranya Menparekraf Sandiaga Uno, pada pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) pada 23-27 Agustus 2023.

"Jadi sebelum pembukaan itu di tanggal 23 Agustus, kita akan jamu para tamu VVIP kita. Kita ada welcome dinner di atas Kapal Pinisi," ujarnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Untuk memastikan pembukaan F8 berjalan lancar, pihaknya  terus melakukan koordinasi dengan semua pihak, termasuk dari kepolisian yang membantu mengatur lalu lintas kendaraan.

"Awalnya kita mau di MGH (Makassar Golden Hotel), tapi karena di sana dangkal jadi kita kembali ke rencana awal di Sunset Cove CPI," katanya.

Tamu-tamu VVIP seperti Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, hingga delegasi beberapa negara akan ikut mengarungi Pantai Losari menggunakan Kapal Pinisi.

"Ini sudah menjadi tradisi kita memperkenalkan budaya dengan menjamu tamu kita, mengajak mereka naik Kapal Pinisi," tuturnya.

Ramdhan Pomanto meninjau semua persiapan, termasuk Kapal Pinisi yang akan digunakan menyeberang ke Sunset Cove. Begitu pun dengan layar Kapal Pinisi yang akan ditarik sebagai tanda pembukaan ajang F8 di Kota Makassar yang ke-6 kalinya.

"Sebentar kita uji coba untuk penarikan, semoga bisa berkembang sempurna," terangnya.

Ia mengatakan kegiatan F8 juga akan menampilkan Fly Pass Sukoi TNI Angkatan Udara sebanyak tiga pesawat.

"Sukhoi itu ada tiga, kita tambah satu. Makanya kita undang seluruh masyarakat RT/RW, dewan lorong, untuk menyaksikan atraksi Sukoi di area Tugu MNEK," ucapnya.

Diketahui ajang F8 tahun ini jauh lebih semarak dari tahun lalu. Ajang F8 ini juga melibatkan sebelas negara, diantaranya Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Philipina, Jepang, Malaysia, Prancis, Australia, Portugal, dan India.

Bahkan lima negara ASEAN yaitu Singapura, Thailand, Vietnam, Philipina, dan Laos, mengirim perancang busana  untuk mengikuti F8 di Kota Makassar.

Makassar F8 sendiri singkatan dari Fiction writer and font, Flora and fauna, Food and fruit, selain Fusion music, Film, Fashion, Fine arts, dan Folk.

Baca juga: Pemkot Makassar matangkan persiapan F8 yang dijadwalkan dibuka Menparekraf


Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024