Mamuju (ANTARA) - Komandan Kodim 1402/Polewali Mandar Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan mengingatkan personel TNI di daerah itu agar senantiasa menjaga citra, nama baik satuan dan institusi TNI Angkatan Darat.

"Saya mengingatkan seluruh personel Kodim Polewali Mandar dimanapun berada, tetap jaga citra dan nama baik institusi TNI Angkatan Darat," tegas Sabar Chandra Gufta Panjaitan, pada apel luar biasa di Baruga Mammesa Kodim 1402 Polewali Mandar, Sulawesi Barat Kamis.

Dandim menyampaikan bahwa dirinya sengaja mengumpulkan seluruh personel Kodim 1402 Polewali Mandar, untuk mengevaluasi dan menyampaikan hal-hal yang penting, sesuai arahan Panglima TNI dan juga Pangdam XIV Hasanuddin terkait pelaksanaan kegiatan sehari-hari dalam mendukung tugas pokok TNI.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, lanjut Dandim menekankan agar seluruh personel TNI hendaknya selalu berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI.

Hal tersebut kata Sabar Panjaitan, agar meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI dengan cara TNI manunggal rakyat dan semakin peduli kepada warganya.

"Saya mengingatkan seluruh prajurit Kodim 1402 Polewali Mandar agar tidak melakukan hal-hal yang bisa merugikan dan menyakiti hati rakyat. Jaga sikap, perbuatan serta tutur kata yang baik sehingga kita selalu berada di hati rakyat," terangnya.

Personel TNI selaku prajurit kewilayahan kata Sabar Panjaitan, akan selalu bersentuhan dengan masyarakat di wilayah binaan.

"Hindari segala bentuk pelanggaran yang dapat merusak citra dan nama baik diri sendiri, satuan dan institusi TNI AD. Jaga hubungan baik dengan masyarakat di wilayah binaan masing-masing," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Dandim kembali mengingatkan seluruh prajurit terkait netralitas TNI pada pesta demokrasi tahun 2024.

Ia meminta agar seluruh personel Kodim 1402 Polewali Mandar untuk mentaati perintah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman terkait netralitas TNI pada Pemilu 2024, yang sudah terpasang di setiap satuan.

Dandim menegaskan bahwa seluruh prajurit TNI tidak memihak dan tidak memberi dukungan kepada partai politik manapun pasangan calon yang diusung pada Pemilu 2024

"Serta tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis. Kemudian tidak memberikan fasilitas tempat/sarana dan prasarana milik TNI AD kepada pasangan calon dan partai politik untuk digunakan sebagai sarana kampanye," ujar Sabar Panjaitan.

Pada kesempatan itu, Dandim kembali memotivasi para anggotanya agar bekerja tulus dan ikhlas serta bekerja pakai akal agar dapat mengambil keputusan yang sehat.

"Tetap semangat dalam memberikan kontribusi positif kepada satuan dan institusi TNI yang sangat kita cintai," ujar Sabar Panjaitan.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024