Makassar (ANTARA) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilakukan jajaran TNI Satuan Kodim 1420 Sidrap terus berupaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di pelosok-pelosok desa.

"Tahun ini, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) kembali menyasar pelosok desa di Kabupaten Sidrap dengan kolaborasi pemerintah daerah dan institusi terkait," kata Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro dalam keterangan diterima di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, sinergitas dengan semua pemangku kepentingan terus dibangun, termasuk menggandeng media sebagai mitra strategis dalam membantu menyebarluaskan informasi.

Menurut dia, manunggal TNI diimplementasikan dengan berada di tengah masyarakat, membantu menciptakan rasa aman dan tertib, serta berupaya memberdayakan masyarakat agar dapat sejahtera.

Dalam program TMMD ini, lanjut dia, selain membantu menciptakan rasa aman, juga membantu pembangunan infrastruktur di desa, termasuk memberdayakan masyarakat desa sesuai dengan potensi yang dapat dikembangkan di desa itu.

Melalui pemberdayaan masyarakat, kata Andika, masyarakat diajak melakukan pemetaan potensi desanya, kemudian mengembangkan potensi tersebut sehingga memiliki nilai lebih.

Sebagai gambaran, jika suatu desa merupakan sentra produksi bawang merah, maka masyarakat dapat mengembangkan produk bawang goreng kemasan dan membentuk UMKM.

Tujuan akhir dari pemberdayaan tersebut tidak lain untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pelosok-pelosok desa.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024