Makassar (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan menyediakan rumah singgah untuk mendukung keluarga yang anggotanya sebagai penyandang disabilitas mental sedang mendapatkan pelayanan dan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah K.H. Hayyung Kepulauan Selayar.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar Satmawati dalam keterangan di Makassar, Selasa, mengatakan kehadiran Rumah Singgah "Panggamaseang" di kompleks kantor Dinsos setempat di Kecamatan Bontoharu itu, salah satu wujud optimalisasi pelayanan pemkab setempat kepada penyandang disabilitas mental.

Sehari setelah peresmian fasilitas itu oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif, rumah singgah tersebut dimanfaatkan oleh keluarga pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berinisial R (43), berasal dari Dusun Rakrak Kecamatan Bontomatene.

"Jumlah ODGJ di Kepulauan Selayar terus meningkat maka pengadaan rumah singgah menjadi kebutuhan yang sangat urgen di Dinsos Kepulauan Selayar," ujar dia.

Saat meresmikan fasilitas tersebut, Wabup Saiful Arif mengatakan Rumah Singgah "Panggamaseang" wujud peningkatan fasilitas bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Ia menjelaskan pentingnya rumah singgah tersebut karena bisa dimanfaatkan masyarakat atau keluarga pasien dari kalangan kurang mampu dan jarak tempat tinggal dengan rumah sakit cukup jauh, untuk tempat istirahat sementara waktu.

"Jadi rumah singgah ini menjadi tempat istirahat sementara, sembari menunggu pasien ODGJ mendapatkan pelayanan dan perawatan di Rumah Sakit Umum K.H. Hayyung," kata dia.

Ia berharap, rumah singgah dimanfaatkan dengan baik oleh semua pihak di seluruh kabupaten tersebut yang membutuhkan fasilitas tersebut.

"Jangan dimanfaatkan kepada hal-hal yang tidak sesuai dengan tujuan didirikannya rumah singgah ini," kata Saiful Arif.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024