Makassar (ANTARA) - Tim karateka Sulawesi Selatan bertekad mempertahankan prestasi juara umum Pra Pekan Olahraga Nasional (PraPON) XXI 2024 yang dilaksanakan di Aceh-Sumatera Utara tahun ini.

Pelatih karate Sulsel Mursalim Bado'o di Makassar, Selasa, berharap dukungan seluruh pihak khususnya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan pemerintah provinsi demi terealisasi target tersebut.

"Insya Allah kami lihat nanti seperti apa persiapan yang dilakukan KONI juga perhatian pemerintah," ujarnya.

Ia mengakui, jika dukungan pihak terkait selama persiapan menghadapi Pra-PON 2024 memang tidak maksimal . Bahkan karate seolah mati suri dan tidak dijadikan sebagai cabang olahraga prioritas.

Pelatih yang rutin mendapatkan kepercayaan menangani timnas di berbagai kejuaraan internasional itu berharap perhatian yang lebih baik lagi. Apalagi pihaknya telah membuktikan jika karate tetap menjadi cabang olahraga yang dapat diunggulkan dalam perburuan medali PON.

Pada PraPON 2024 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 25-27 Agustus 2023, Sulsel menurunkan 18 atlet terbaiknya yang terdiri dari 10 karateka putra dan 8 karateka putri itu mampu menyapu bersih 15 nomor yang dipertandingkan.

Adapun nomor pertandingan di antaranya Kata Putra dan Putri, Kumite Putra untuk kelas -55 kg, -60 kg, -67 kg, -75 kg, -84 kg, dan +84, serta Kumite Putri untuk kelas -50 kg, -55 kg, -62 kg, – 68 kg, dan +68 kg.

"Alhamdulillah, Sulsel juara umum Pra PON karate di Banjarmasin dengan meloloskan 15 kelas pertandingan putra dan putri," ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024