Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc (Prof JJ), beserta jajaran pimpinan lingkup Unhas melakukan ziarah makam Sultan Hasanuddin dan pekuburan keluarga Unhas di Kabupaten Gowa, Sulsel dalam rangkaian Dies Natalis ke-67.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof JJ dalam keterangannya di Makassar, Jumat, menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan rutinitas yang dilakukan sebagai bentuk penghargaan, sekaligus mengenang sejarah kepahlawanan Sultan Hasanuddin.

Dirinya menambahkan, melalui ziarah makam diharapkan semakin meningkatkan motivasi dan semangat bagi para civitas akademika untuk terus berperan membentuk Unhas lebih unggul dan berkualitas.

“Ini menjadi salah satu agenda rutin yang tiap tahun dilakukan, selain sebagai rangkaian Dies Natalis ke-67, ini juga menjadi pengingat tentang sejarah Sultan Hasanuddin, yaitu semangat membara dan bentuk perjuangan peradaban pada saat itu dengan harapan harus punya semangat yang tinggi dalam membangun peradaban Unhas kedepannya,” kata Prof JJ.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan cerita sejarah singkat Sultan Hasanuddin yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Budaya Dr Mardi Adi Armin, MHum yang menggambarkan perjuangan Sultan Hasanuddin melawan penjajah dan semangat tinggi mempertahankan Kerajaan Gowa kala itu.

Setelah ziarah makam Sultan Hasanuddin, selanjutnya rombongan Unhas melakukan ziarah ke pekuburan civitas akademika Unhas di Patte’ne, Gowa. Secara umum, kunjungan ziarah makam Sultan Hasanuddin dan Pekuburan Civitas Akademika Unhas merupakan rangkaian rutin yang dilakukan.

Kegiatan ini bertujuan untuk terus mengenang semangat dan perjuangan para pendiri Unhas sebelumnya.

Baca juga: Ganjar Pranowo berziarah ke makam pahlawan nasional di Sulsel

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024