Makassar (ANTARA Sulsel) - Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam waktu dekat ini akan menggelar aksi gerakan makan ikan nasional di Kota Makassar, Sulsel.

"Gerakan ini sebagai bentuk pengenalan akan jenis-jenis ikan yang dikonsumsi, karena jenis ikan yang dikonsumsi masih sebagian kecil dari banyaknya spesies ikan yang layak dimakan," ujar Ketua Umum DPP Himpunan Alumni IPB Bambang Hendroyono di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan reuni emas ini merupakan rangkaian acara diesnatalis IPB, yang mana salah satu spirit yang ingin dibangun dari acara ini adalah menguatkan peran, pemberdayaan dan pengabdian alumni IPB dalam membangun Indonesia terutama di sektor pertanian.

Selain itu Bambang juga menambahkan Indonesia yang merupakan negara agraris, hingga saat ini belum bisa mencukupi kebutuhan akan pangan bagi rakyatnya secara swasembada.

"Ini menjadi tantangan yang harus kita hadapi," katanya.

Dia menambahkan bahwa ke depan alumni IPB akan terus menjadi pionir dalam pembangunan pertanian Indonesia, salah satunya adalah dengan akan diselenggarakannya aksi Gerakan Makan Ikan Nasional, di mana pencangan aksi ini akan di gelar di Kota Makassar.

Disebutkannya bahwa dengan akan dilakukannya aksi Gerakan Makan Ikan Nasional ini, adalah sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mencintai alam pertanian Tanah air.

Karena menurut Bambang, potensi ikan yang ada di negara jauh memiliki jumlah yang cukup besar dan hanya sebagian kecil saja yang baru di ketahui dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Kaswir

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024