Makassar (ANTARA) - Timnas sofbol putri Filipina yang tengah menjalani persiapan Asian Games 2022 memastikan ambil bagian pada kejuaraan sofbol internasional 2023 di Lapangan Karebosi Makassar, 17-24 September.

"Keterlibatan timnas persiapan Asian Games menjadi ukuran sejauh mana ketatnya persaingan di ajang yang kembali digelar setelah vakum selama tiga tahun akibat pandemi COVID-19," ujar Ketua panitia kejuaraan sofbol Makassar Ardiansyah pada acara konferensi pers di Makassar, Minggu.

Ia menjelaskan, total ada tujuh negara yang ambil bagian dalam kejuaraan bergengsi ini. Selain Filipina, hadir pula tim putra dan putri Jepang, Papua Nugini dan tentunya klub-klub papan atas dari Indonesia

Khusus untuk pertandingan pembuka, kata dia, pihak penyelenggara sengaja mengatur jadwal pertandingan ketat yang mempertemukan tim putri Filipina dan Jepang yang juga diperkuat beberapa atlet nasional.

"Pertandingan pembuka merupakan pertemuan timnas Filipina yang memiliki sejarah dan Jepang yang saat ini menjadi tim sofbol terbaik di dunia," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Muh Ramdhan Pomanto, mengatakan kejuaraan ini tentunya menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk melihat aksi para pitcher (pelempar bola) kelas dunia yang sebelumnya hanya bisa dilihat di layar kaca.

"Jadi anak-anak kita melihat langsung penampilan pitcher kelas dunia. Kami dulu hanya bisa lihat di majalah dan televisi, kini bisa melihat langsung di lapangan. Insya Allah ini menginspirasi mereka bagaimana cara bermain atlet kelas dunia," ujarnya.

Selain itu, kejuaraan internasional ini sekaligus menjadi ajang promosi bagi kota Makassar yang saat ini mendengungkan sebagai "Kota Makan Enak".

Untuk itu, pihak panitia turut menyediakan tempat bagi para pelaku UMKM kuliner untuk memperkenalkan menu andalannya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024