Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu, Sulawesi Selatan, Basmin Mattayang menyerahkan langsung bantuan mesin pertanian traktor tangan kepada kelompok tani setempat, Senin, untuk meningkatkan produksi pertanian.

Basmin Mattayang berharap masyarakat Kecamatan Belopa dan Belopa Utara bisa lebih efektif dalam mengelola lahan pertanian sehingga dapat meningkatkan  produksi pertanian.

“Nikmat ini patut kita syukuri bersama karena Allah telah menetapkan ketentuan melalui Pemerintah Kabupaten Luwu, masyarakat bisa mendapatkan bantuan handtractor. Oleh karena itu, manfaatkan handtractor ini dengan baik semoga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian kita semua,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Luwu melalui dinas Pertanian mengalokasikan anggaran APBD tahun 2023 untuk pengadaan 200 unit traktor yang akan dibagikan ke kelompok tani.

Ia menjelaskan, daftar penerima bantuan traktor ini diberikan berdasarkan proposal yang masuk pada Dinas Pertanian Kabupaten Luwu

“Penerima bantuan ini adalah para Kelompok Tani yang telah mengajukan proposal kepada dinas Pertanian sebelum handtractor ini diadakan,” jelasnya.

Basmin Mattayang berpesan agar traktor yang diberikan dapat digunakan sebaik-baiknya, dijaga dan dioperasionalkan oleh operator yang paham akan mesin pertanian tersebut sehingga bisa tahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan dan mengelola lahan pertanian.

“Manfaatkan handtractor ini dengan sebaik-baiknya, pelihara sehingga tahan lama, jangan habis dipakai langsung disimpan, tetapi dibersihkan dulu, perhatikan pelumas dan bahan bakarnya, jika hal ini bisa dilakukan Insya Allah bisa bertahan sampai 7 tahun lebih,” harapnya

Pada akhir sambutannya, Bupati mengajak para anggota kelompok tani untuk menebar kebaikan melalui bantuan traktor ini

“Mari kita menebar kebaikan melalui bantuan ini. Jika sudah dimanfaatkan oleh semua anggota kelompok, bantu juga warga kampung yang membutuhkan  untuk mengolah lahan mereka, tinggal atur bagaimana operasionalnya,” ujarnya

Untuk Kecamatan Belopa, Bupati menyerahkan bantuan traktor tangan  kepada 11 kelompok tani, Belopa Utara 12 kelompok tani. Sehari Sebelumnya, Bupati juga menyerahkan bantuan serupa  di Kecamatan Suli sebanyak 14 unit dan Suli Barat 13 unit.

Penyerahan traktor tangan ini disaksikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Andi Usama Harun, Kepala Dinas Pertanian Jumardin, Camat Belopa dan Camat Belopa Utara.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024