Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso menyatakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang akan digelar serentak di wilayah jajarannya dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemanunggalan TNI-Rakyat.

"TMMD yang akan kita gelar tahun ini adalah yang ke-118 dan akan digelar serentak di empat daerah," ujarnya di Makassar, Kamis.

Empat wilayah yang akan menggelar TMMD, di antaranya Korem 141/Tp tepatnya di Kodim 1410/Bantaeng dan Kodim 1420/Sidrap, di wilayah Korem 142/Tatag di Kodim 1427/Pasangkayu dan di wilayah Korem 143/Ho di Kodim 1416/Muna.

Mayjen TNI Totok Imam Santoso berharap dengan dilaksanakan kegiatan TMMD ke-118 Kodam XIV/Hasanuddin ini, dapat membangun akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan rakyat serta kemanunggalan TNI-Rakyat.

"Sebagaimana kita ketahui, bahwa tujuan TMMD adalah membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh," katanya.

Upacara pembukaan TMMD ke-118 Kodam XIV/Hasanuddin di tiap-tiap wilayah dihadiri oleh unsur Forkopimda, Dinas/Instansi, Pejabat TNI/Polri, Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat, perusahaan swasta/BUMD/BUMN dan komponen masyarakat lainnya, yang akan dilaksanakan hingga 19 Oktober 2023.

Adapun sasarannya meliputi sasaran fisik, berupa pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, guna meningkatkan roda perekonomian daerah.

TMMD juga bertujuan membuka isolasi antardesa atau daerah terpencil, seperti pembuatan jalan, jembatan, gorong-gorong, rehab sarana ibadah, rehab rumah pra-sejahtera dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Sedangkan sasaran non fisik yang dilaksanakan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa.

Di antaranya, penyuluhan kesadaran bela negara, kesadaran hukum, penyuluhan pertanian, peternakan, pengobatan gratis, penyuluhan bahaya narkoba dan berbagai kegiatan non fisik lainnya.*

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024