Makassar (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Renang Universitas Hasanuddin menggelar Kejuaraan Renang Antar-Mahasiswa se-Indonesia (KRAMSI) XI pada 30 September hingga 1 Oktober 2023.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) di Makassar, Minggu, mengapresiasi terlaksananya KRAMSI XI yang merupakan salah satu program kerja tahunan UKM Renang Unhas itu.

Prof Ruslin juga menekankan penerapan kurikulum K 23 pada tahun ajaran 2023/2024 sebagai upaya Unhas menyiapkan generasi muda yang kompeten.

“Di kurikulum baru ini kami menyiapkan ruang lebih banyak kepada mahasiswa untuk meningkatkan soft skill dengan cara mengonversi kegiatan mahasiswa menjadi SKS, baik itu di bidang organisasi maupun prestasi dan kegiatan lain di luar aktivitas perkuliahan," ujarnya.

Ia menjelaskan, kejurnas renang ini juga dirangkaikan dengan seleksi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas). Yang lolos seleksi nantinya akan mewakil Unhas pada POMNas XVIII di Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Prof Ruslin juga mengimbau agar mahasiswa terus mengasah talenta dan prestasi, baik dalam bidang seni, olahraga maupun penalaran.

KRAMSI merupakan kegiatan rutin tahunan UKM Renang Unhas, terhitung sejak 2009. Tujuan pelaksanaannya adalah memberikan kesempatan kepada para atlet renang untuk berkompetisi dan mencetak prestasi.

Di samping itu, kegiatan ini juga diharapkan menjadi wadah silaturahmi dan kolaborasi dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

UKM Renang Unhas pada pelaksanaan tahun ini mengusung tema “Meraih Prestasi dengan Sportivitas dan Semangat Kompetitif dalam Ajang Akuatik”. Ajang kali ini memperebutkan 29 nomor perlombaan baik individu maupun kelompok.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024