Makassar (ANTARA) - Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mempersiapkan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) menyasar masyarakat hingga tingkat lorong atau gang sebagai bagian penguatan nilai-nilai keagamaan di lingkungan masyarakat setempat.

"Intinya, kita ingin agar penguatan keagamaan dapat benar-benar menyentuh masyarakat melalui berbagai program kerja, sehingga yang disasar sampai kelurahan, dan dilakukan hingga di lorong-lorong," papar Wawali Fatma saat rapat bersama di rumah jabatannya, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Makassar, kata Fatma, pihaknya mempersiapan MTQ hingga menyasar masyarakat di lorong-lorong tersebut telah dijalankan bersama pengurus LPTQ, beserta Bagian Kesejahteraan Pemerintah Kota Makassar.

Selain itu, pembentukan pengurus LPTQ tingkat kelurahan hingga kecamatan terus dipersiapkan agar pelaksanaan kegiatan MTQ antar lorong se-Kota Makassar dapat berjalan sesuai harapan bersama.

"Dengan pembentukan pengurus hingga tingkat kelurahan, pencarian bibit akan lebih mudah, karena telah dilakukan pendampingan lebih dini melibatkan imam kelurahan serta guru mengaji," tutur dia.

Sedangkan pembahasan terkait kesiapan MTQ lorong, pembentukan pengurus LPTQ kelurahan dan kecamatan, pihaknya akan bersinergi dengan berbagai program pemerintah seperti pelaksanaan MTQ lorong yang rencananya menjadi salah satu rangkaian kegiatan menyemarakkan HUT Kota Makassar ke 416 tahun.

"Kami berharap ke depan program ini terus berjalan, sehingga dapat meningkatkan semangat religi dan keagamaan di tengah-tengah masyarakat kita," ujar mantan Anggota DPR RI ini menambahkan.

Rapat tersebut dihadiri Kepala Bagian Kesra Kota Makassar Muhammad Syarif yang memaparkan beberapa program kerja serta pendampingan pada guru mengaji yang dapat disinergikan dengan program LPTQ.

Sementara Wakil Ketua Umum LPTQ Makassar KH Masykur Yusuf memberikan saran terkait kesiapan dalam pembentukan dan pelantikan pengurus LPTQ hingga tingkat kelurahan termasuk kesiapan MTQ Lorong.

"Diharapkan dengan terbentuknya LPTQ tingkat kelurahan, MTQ Lorong dapat mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat, sehingga peluang untuk mengembangkan potensi anak Makassar serta pembinaan pembacaan Al Quran dapat semakin ditingkatkan," ujarnya.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024